Desa Kawasan Pesisir Inhil Butuh Fasilitas Kesehatan

Senin, 21 November 2016

post

Desa Sungau Buluh Kecamatan Kuindra
INHILKLIK.COM, KUINDRA - Fasilitas dan tenaga kesehatan di kawasan pesisir Kabupaten Indragiri Hilir masih sangat minim, hal ini diharapkan menjadi perhatian serius Kabupaten Indragiri Hilir.

Hampir merata diseluruh desa-desa yang terletak di daerah pantai, salah satunya Desa Sungai Buluh Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra).

Di desa ini, tersapat sebuah Puskesmas Pembantu (Pustu) yang bangunannya sangat sederhana dengan tenaga kesehatan satau orang bidan dan seorang perawat serta fasilitas kesehatan seadanya.

Jika ada warga yang sakit berat, harus dirujuk kerumah sakit di Kota Tembilahan dengan memakan waktu kurang lebih dua jam menggunakan transportasi laut.

Dikatakan Kepala Desa Sungai Buluh, Abd. Rahman, jika Pemda Inhil tidak mampu menyediakan satu desa satu dokter, setidaknya ada rumah sakit ataupun Puskesmas rawat inap terdekat yang mampu memgakomodir beberspa desa tersedekat.

"Untuk desa-desa dikawsaan pesisir ini sbaiknya punya satu puskemas yang bisa rawat inap dan lengkap dengan dokternya. Karena kemampuan bidan dan perawat disini juga terbatas," ujar Abd. Rahman,

Ditambahkan Abd. Rahman, rata-rata desa di kawasan pesisir tidak memilii ambulance air yang layak dugunakan untuk membawa pasien.

"Kalau ada yang sakit kita terkendala soal traportasi untuk membawa ke Rumah Sakit yang ada di Tembilahan. Kalo ada yg mau rujuk ya terpaksa kita cari carteran speedboad dulu," jelas Abd. Rahman.

Abd. Rahman berharap kedepanya, peningkatan pelayanan kesehatan akan menjadi perhatian Pemda Inhil agar kebutuhan masyarakat pesisir mampu terpenuhi.

"kalau kuta lihat di RSUD itu yang banyak berobat orang daerah, akses ini yang harus menjadi perhatian Pemda kita, mudah-mudahan lah, kita sangat berharao sekali," pungkas Abd. Rahman. (Adv/Ard)