Diskominfo PDE Riau Sosialisasi Internet Sehat di Inhil

Senin, 25 Mei 2015

post

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Dinas Komunikasi Informatika dan Pengelohan Informasi Elektronik (Diskominfo-PDE) Provinsi Riau melaksanakan kegiatan edukasi dan sosialisasi internet sehat dan cakap bagi siswa dan SMA/sederajat se Kabupaten Indragiri Hilir, Senin (25/5) di Hotel Arrahman.

Mastar Mahad, dari Diskominfo Riau mengatakan kegiatan tersebut bertujuan edukasi yang diberikan antara lain, edukasi internet sehat, aman, cerdas dan kreatif, produktif serta mengetahui bahaya narkoba.

"Kegiatan ini juga guna memberikan konten positif dan negatif bagi siswa dari penggunaan internet, serta bagaimana memaksimalkan penggunaan internet guna meningkat kualitas masyarrakat, "katanya.

Jelasnya, Internet merupakan kata yang tidak asing lagi di tengah masyarakat. Bahkan dengan bermodalkan telpon genggam yang memiliki akses internet saja, orang sudah dapat mengakses semua informasi.

Data terakhir yang didapat Diskominfo, Indonesia merupakan negara kelima pengakses internet terbanyak di dunia dan 80 persen diantaranya merupakan anak remaja, usia 15-19 tahun.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Inhil, Tantawi Jauhari, internet memiliki banyak manfaat bagi siswa, terutama dalam mendapatkan informasi yang sangat berguna untuk membantu mempelancar tugas-tugas sekolah yang diberikan. Ini membuat siswa lebih kreatif dan aktih dalam mencari informasi dan ilmu pengetahuan.

"Namun, perkembangan teknologi ini bagaikan dua mata pisau yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua elemen, karena memang tidak dapat dipungkiri, dibalik manfaat internet, juga terdapat mudarat dan dampak yang mengkuatirkan. Mulai dari pornografi, kekerasan, penipuan yang semuanya berawal dari dunia maya, "jelasnya.

“Yang perlu jadi perhatian adalah, dilarang di dunia nyata, juga dilarang didunia maya, begitu juga dilarang menghina di dunia nyata, begittu juga dengan di dunia maya, "tegasnya. (MC Riau)