PDIP Sebut Ridwan Kamil Menang karena Berbaju Merah

Rabu, 27 Juni 2018

INHILKLIK.COM, BANDUNG - Sekretaris PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyebut ada beberapa faktor sebagai penyebab kemenangan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul di Pilkada Jawa Barat.

Salah satunya yang diklaimnya ialah Ridwan Kamil disebut kerap berkampanye mengenakan baju berkelir merah, warna kebesaran PDIP.

"Itu lah yang menyebabkan suara kami tergerus," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu 27 Juni 2018.

Hasto tak menjelaskan, apakah pemakaian baju yang digunakan Ridwan Kamil menjadi penentu suara calon yang diusungnya yakni T.B Hasanuddin-Anton Charliyan beralih.

Hanya saja, dia mengakui, wilayah Jawa Barat memang sulit dimenangkan. Untuk itu, ia berharap, suara sekitar 14 persen atas hasil hitung cepat bisa dipertahankan sebagai modal di Pileg dan Pilpres 2019.

"Yang menunjukkan loyalnya suporter dari PDI Perjuangan, tetap solid di Provinsi Jawa Barat," kata dia.

Selain itu, kata dia, dalam beberapa pengalaman pemilihan gubernur tak bisa langsung menggambarkan situasi nyata, begitu juga pada saat pemilihan umum.

Dia mengatakan, situasi berbeda bisa saja berubah ketika pelaksanaan pemilihan legislatif atau presiden di wilayah tingkat satu dan dua.

"Dari aspek kabupaten kota kami targetkan 52 persen. Sehingga di tingkat kabupaten kota masih dilakukan proses pencermatan karena seluruh perhatian publik ada pada pilgub," ujarnya.

 

viva.co.id