Kunjungi Korea Utara, Puan Maharani Undang Kim Jong-un Hadiri Asian Games

Selasa, 31 Juli 2018

Menko PMK, Puan Maharani dan Presiden Presidium Majelis Agung Korea Utara, Kim Yong Nam berpose bersama maskot Asian Games 2018 di Pyongyang, 30 Juli 2018.

INHILKLIK.COM, PYONGYANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani melakukan kunjungan kehormatan ke Republik Demokratik Rakyat Korea (nama resmi Korea Utara) pada Rabu, 30 Juli. Kedatangan Menko PMK yang juga bertindak sebagai utusan khusus Presiden RI itu diterima Presiden Presidium Majelis Agung Korea Utara , Kim Yong Nam di Mansundae Assembly Hall, Pyongyang.

Kunjungan Menko PMK ke Korea Utara adalah untuk menyampaikan surat undangan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada Pemimpin Tertinggi, Kim Jong-un untuk menghadiri acara pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus 2018.

Pada pertemuan tersebut Menko PMK menyatakan bahwa Asian Games dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempererat persahabatan dan perdamaian, termasuk upaya perdamaian di Semenanjung Korea. Ditambahkannya, pemerintah RI menyambut baik rencana kedua Korea untuk membentuk tim bersama dalam cabang olahraga di Asian Games 2018.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kedua Korea Utara dan Korea Selatan akan berlaga dalam satu tim pada cabang olahraga bola basket putri, kano dan dayung.

Berdasarkan keterangan Pers yang diterima Okezone, selain untuk menyampaikan undangan dari Presiden Jokowi, kunjungan Menko Puan juga bertujuan untuk memperkuat hubungan persahabatan RI-Korea Utara mengingat kedua negara miliki hubungan sejarah yang panjang dan khusus. Hubungan persahabatan kedua negara dibangun oleh Bapak Bangsa Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung dan terus dibina dan dikembangkan oleh generasi penerus hingga saat ini.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK juga menyampaikan selamat kepada pemerintah dan rakyat Korea Utara atas peringatan 70 tahun berdirinya negara Korea Utara yang akan diperingati pada 9 September 2018.

Presiden Presidium Kim Yong Nam menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Joko Widodo atas undangan tersebut dan akan segera menyampaikannya kepada Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un. Dia secara khusus menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia dalam mendukung upaya perdamaian di Semenanjung Korea.

Pada pertemuan tersebut Menko Puan juga memberikan kepada Presiden Presidium tiga maskot Asian Games - Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

Korea Utara dan Korea Selatan merupakan dua di antara 45 negara peserta Asian Games 2018. Sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Panmunjom, kedua Korea akan bertanding dalam beberapa cabang olahraga sebagai satu tim Korea dan berbaris bersama di bawah bendera unifikasi pada upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.


(okezone.com)