Umar Kirimi Surat kepada Jin Penunggu Sungai Nil

Senin, 13 Agustus 2018

INGATLAH sosok Khalifah Umar bin Al-Khattab radhiyallahu 'anhu, beliau adalah sosok tegar dan sekaligus tegas dalam akidah. Sosok pribadi beliau yang punya karakter itu menciutkan nyali para jin dan setan.

Bahkan tanpa harus membaca ayat ruqyah sepotong pun, setan pun sudah kabur begitu mendengar langkah kakinya. Urusan akidah, beliau memang amat tegas.

Sebagai contoh, pernah ada sebatang pohon yang semakin sering didatangi orang karena punya nilai historis Baiat Ridwan, lalu tanpa ba bu, langsung ditebangnya. Secuilpun Umar tidak pernah menyisakan lahan buat setan mempermainkan perasaan orang.

Sebelum pohon itu dijadikan tempat pemujaan, tebang saja duluan, habis perkara. Tentu saja setan-setan gondok setengah mati. Pupuslah harapan mereka bisa menyesatkan manusia, selama masih ada Umar.

Contoh lainnya adalah perkara mencium Hajar Aswad. Kalau para sahabat nabi yang lain, mencium Hajar Aswad tidak pakai sambutan. Beda dengan Umar, sebelum mencium batu dari surga itu, Umar pakai acara sambutan segala.

Diantaranya beliau bilang, "Wahai batu, kalau bukan karena aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menciummu, maka pasti aku tidak akan melakukan." Sebab Umar tidak mau sebuah batu dijadikan tuhan seperti di masa lalu.

Diriwayatkan bahwa jin penunggu sungai Nil di Mesir takut kepada sosok Umar. Konon tiap tahun sungai Nil itu minta persembahan gadis untuk dijadikan korban. Kalau tidak diberikan, maka sungai itu akan meluap banjir, atau ada saja musibah yang terjadi.

Begitu Umar mendengar kisah itu, beliau menulis surat kepada jin penunggu sungai Nil. Maka sejak hari itu sampai sekarang, tidak pernah ada lagi korban.

Jadi setan itu akan takut kalau kita tegas, tegar dan kuat, di atas jalan hak. Tapi setan akan makin berani kalau kita ciut, minder, takut, gentar dan plin-plan. Dan seorang yang pernah minta bantuan kepada setan lewat 'ilmu gaib', sudah pasti tidak akan dilepas begitu saja.

Wallahu a'lam bishshawab. 

 

sumber: inilah