Trik Sri Mulyani agar Inflasi Tetap Rendah hingga 2019

Jumat, 24 Agustus 2018

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi tentang pengendalian inflasi dalam negeri. Dalam rapat tersebut turut dihadiri oleh Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP).

Adapun beberapa Menteri yang hadir adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perdagangan Enggartisto Lukita. Selain itu dalam rapat tersebut juga turut dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, rapat ini dilakukan untuk menjaga agar tingkat inflasi pada tahun ini bisa tetap terjaga di level rendah. Adapun pada tahun ini, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 pemerintah menargetkan tingkat inflasi berada di level 3,5% plus minus 1%.

"Seperti diketahui pemerintah cukup berhasil menjaga tingkat inflasi yang rendah. Ini suatu tindakan giat inflasi ingin kita jaga pada saat sekarang menghadapi situasi aspek global dinamis," ujarnya dalam acara Konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Apalagi, lanjut Sri Mulyani, kondisi perekonomian global saat ini sedang tidak menentu dan terus bergerak secara dinamis. Sehingga inflasi perlu benar-benar dijaga agar tidak menimbulkan gejolak pada perekonomian.

Menurut Sri Mulyani, setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan inflasi pada tahun ini dalam kondisi perekonomian ketidakpastian ini. Adalah core inflation, dan harga pangan.

"Kita fokus kepada melihat komponen dari masing-masing inflasi antara core inflation yang dikontribusikan dari volatile food," ucapnya.

Dirinya berharap agar tingkat inflasi bisa terjaga di level rendah hingga akhir tahun ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa berlanjut hingga tahun anggaran 2019.

"Dengan langkah langkah yang kita lakukan hari ini berkeinginan agar inflasi bisa dijangkau kan sebesar 3,5% hingga akhir tahun 2018. Bahkan continue hingga tahun depan," jelasnya

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebut jika rapat koordinasi kali ini adalah bertujuan untuk menyiapkan rencana pemerintah untuk menjaga inflasi. Ada dua langkah yang dipersiapkan yakni jangka pendek dan jangka menengah

"Pembahasan rapat tadi memang selai difokuskan langkah langkah jangka pendek juga jangka menengahnya," jelasnya.


(okezone.com)