Haru! Bocah Tangisi Jasad Ayahnya Bikin Haru, Dana Rp614 Juta Terkumpul

Kamis, 20 September 2018

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Foto bocah laki-laki menagis di samping jenazah ayahnya menjadi viral di India. Karena iba, warganet menggalang dana bagi keluarga anak malang itu dan terkumpul lebih dari 3 juta rupee atau sekitar Rp614 juta hanya dalam sehari.

Hal yang membuat warganet terenyuh bukan sekadar pemandangan miris dalam foto, tapi kisah di baliknya.

Jenazah itu bernama Anil, tulang punggung keluarga yang meninggal di usia muda yakni 27 tahun akibat kecelakaan kerja.

Anil bekerja sebagai pembersih saluran air di New Delhi. Dia jatuh ke saluran air karena tali yang mengaitnya putus.

Polisi membenarkan tali pengait Anil putus menyebabkan korban tewas . Saat itu, korban tak menggunakan pakaian pelindung sehingga dampaknya fatal.

Foto itu pertama kali diunggah di Twitter oleh Shiv Sunny, seorang wartawan The Hindustan Times, Senin (17/9/2018). Hingga kini foto itu sudah dibagikan setidaknya 7.000 kali.

Sunny mengaku terguncang melihat seorang bocah 11 tahun yang berduka begitu dalam.

"Saya seorang wartawan kriminal dan sering menyaksikan tragedi. Tapi untuk yang satu ini, saya belum pernah lihat sebelumnya. Saya hanya ingin menarik perhatian dari tewasnya pekerja pembersih saluran. Foto ini bercerita tentang penderitaan keluarganya," kata Sunny, dikutip dari BBC, Rabu (19/9/2018).

Foto itu diambil beberapa menit sebelum Anil dikremasi.

Dikutip dari laman inews.id, menurut Sunny, keluarga mendiang bahkan tak punya uang untuk membayar biaya kremasi sehingga harus dibantu oleh tetangga. Tak hanya itu, pekan lalu, anak bungsu Anil yang masih berusia empat bulan juga meninggal akibat pneumonia. Alasannya, sang anak tak mendapat perawatan medis lantaran Anil tak punya uang.

Kini, Anil meninggalkan tiga anak. Selain yang berada di foto, ada pula dua anak perempuan berusia tujuh dan tiga tahun.

Foto Sunny itu mengundang perhatian lembaga swadaya masyarakat Uday untuk menggalang dana. Yayasan turut dibantu oleh Ketto, aplikasi pengumpulan dana.

Di luar dugaan, responsnya sangat luar biasa. Menurut Sunny, ada beberapa aktor Bollywood yang menghubunginya untuk memberikan bantuan. Bahkan banyak warga miskin yang turut menyumbang sekadarnya yakni 10 rupee.

Dia berharap uang dari pengumpulan dana ini bisa digunakan anak-anak Anil untuk melanjutkan sekolah mereka.