Tiga Anggota DPRD Pelalawan Resmi Dilantik

Kamis, 11 Oktober 2018

INHILKLIK.COM, PELALAWAN - DPRD Kabupaten Pelalawan, Selasa siang (2/10/2018) sekira pukul 15.15 wib menggelar Rapat Paripurna Istimewa Peresmian dan Pengucapan sumpah / janji Pergantian Antar Waktu tiga Anggota DPRD Pelalawan dari partai Gerindra 2 orang dan dari partai PPP 1 orang Sisa Masa Jabatan Tahun 2014 - 2019 bertempat di lantai II ruang rapat paripurna gedung DPRD Pelalawan.

Pelantikan ketiga PAW anggota DPRD Pelalawan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pelalawan Nasarudin, SH.MH didampingi Wakil Ketua I Suprianto SP, dan Wakil Ketua II Indra Kampe.Sementara dari Pemerintah Kabupaten Pelalawan dihadiri Wakil Bupati Drs. H. Zardewan,MM beserta sejumlah pimpinan dan pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Acara diawali dengan pembukaan oleh Ketua DPRD Pelalawan Nasarudin, SH. MH yang menyampaikan bahwa pelantikan tiga PAW anggota DPRD Pelalawan dikarenakan tiga anggota DPRD Pelalawan yakni Faisal, SE, MSI dan Ade Irawan dari partai gerindra dan Nurul Hadi dari PPP telah mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Pelalawan.

Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan H Nasarudin SH MH mengatakan, bahwa pelantikan PAW tiga anggota DPRD Kabupaten Pelalawan sisa masa jabatan periode 2014 - 2019 ini, guna mengisi kekosongan kursi tiga anggota DPRD Pelalawan atas nama Faisal SE MSi, Ade Irawan dan Nurul Hadi yang telah mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Pelalawan beberapa waktu lalu. PAW ini sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda) mengatur pemberhentian dan pengangkatan PAW angota DPRD.

“Peresmian dan pengucapan sumpah dan janji tiga anggota DPRD Pelalawan PAW sisa masa jabatan tahun 2014-2019 ini bisa dilaksanakan, setelah ditetapkan oleh KPU Pelalawan karena telah memenuhi syarat,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan SK Gubernur Riau pemberhentian dan peresmian pengangkatan anggota DPRD Pelalawan oleh Sekretaris Dewan H. Mukhtarudin. Kemudian pengambilan sumpah/janji jabatan tiga PAW anggota DPRD Pelalawan sisa masa jabatan 2014-2019.

Tiga PAW yang diambil sumpah yakni Andre Fransiscus Pane PAW untuk Faisal,SE.MSI Dapil Pelalawan I partai gerindra.Berikutnya,Jumari PAW Ade Irawan dapil Pelalawan III partai gerindra dan terakhir Samsudin PAW Nurul Hadi dapil Pelalawan II dari PPP.

Pengambilan sumpah berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau nomor KPTS.700/IX/2018 tentang pemberhentian anggota dewan atas nama Faisal, SE.M.Sidan pengangkatan Andri Fransiscus Pane sisa masa jabatan 2014-2019.Selanjutnya, keputusan gubernur nomor KPTS.701/IX/2018 tentang pemberhentian anggota DPRD Ade Irawan dan pengangkatan Jumari sebagai PAW.Kedua  dewan ini berasal dari Partai Gerindra Pelalawan.

Kemudian terakhir keputusan gubernur nomor KPTS.728/IX/2018 tentang pemberhentian anggota DPRD Nurul Hadi dan pengangkatan Samsudin sebagai PAW.Anggota dewan ini merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP).Usai pengambilan sumpah/janji dilakukan penandatanganan berita acara.

Setelah resmi dilantik menjadi anggota DPRD Pelalawan, Jumari akan menduduki jabatan sebagai anggota komisi II, anggota Badan Musyawarah (Banmus), Banmus (Banmus), fraksi Gerindra Plus.Sedangkan Andri Fransiscus menjadi anggota Bapim Perda, anggota Badan Anggaran (Banggar), dan anggota fraksi Gerindra Plus.Terakhir Samsudin menjadi anggota komisi II, anggota Banmus, dan anggota Bapim Perda.

" Tiga PAW anggota DPRD Pelalawan yang telah resmi dilantik hari ini Kami sampaikan selamat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai wakil rakyat.Ketiganya sudah sah menerima hak-haknya sebagai anggota dewan.Tak lupa Kami sampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas kerja dan prestasi yang telah dilakukan oleh saudara Faisal, SE. M. Si, Ade Irawan dan Nurul Hadi saat menjabat sebagai anggota DPRD Pelalawan, " ucap Ketua DPRD Pelalawan.

Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, MM dalam sambutannya menyampaikan agar Dewan dan Pemerintah saling bersinergi dalam menjalankan program pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Pelalawan.

" Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk membangun Kabupaten Pelalawan.Dewan dan Pemkab harus saling bersinergi fokus menjalankan misi dan visi membangun Pelalawan.Selamat atas pelantikan tiga PAW anggota DPRD Pelalawan. Kami juga menyampaikan terima kasih untuk anggota dewan yang di PAW atas kerjanya selama ini," ungkapnya.

Dengan  3 PAW anggota DPRD Pelalawan telah dilantik yang pada 2 pekan sebelumnya juga dilantik 2 PAW yakni Fahmi dan H Zulkifli yang berasal  dari Partai Hanura menggantikan posisi almarhum Eliman Manurung dan almarhum H Mukhlis Ali, maka lengkaplah kembali 35 kursi DPRD Pelalawan. 

Untuk diketahui, Dua PAW yang diambil sumpah pada Selasa (18/9/2018) lalu yakni Fahmi PAW untuk Almarhum Eliman Manurung dari Dapil Pelalawan I  meliputi Pangkalan Kerinci, Bandar Seikijang dan Langgam.Berikutnya,Zulkifli PAW untuk Almarhum H. Mukhlis Ali dari Dapil Pelalawan IV meliputi Pangkalan Kuras dan Pangkalan Lesung.Keduanya resmi dilantik setelah turunnya SK Gubernur Riau KPTS. 604/IX/2018 dan KPTS.605/IX/2018

Usai pelantikan dilakukan ucapan selamat yang dimulai dari Ketua DPRD Pelalawan H. Nasarudin, SH. MH dilanjutkan dengan Wakil Bupati Pelalawan Drs.H.Zardewan,MM,Wakil Ketua I DPRD Pelalawan Suprianto,  SP dan Wakul Ketua II Indra kampe disusul dengan anggota DPRD Pelalawan, pimpinan partai,pejabat dilingkungan Pemkab Pelalawan dan para tamu undangan.

Usai ucapan selamat dilanjutlan din sesi poto bersama. Tampak ketiga PAW anggota DPRD Pelalawan yang baru dilantik beserta istri melakukan poto bersama dengan para anggota dewan dan keluarga. 

Ketua DPRD Pelalawan Nasarudin, SH.MH kepada awak media menyampaikan dengan telah dilantiknya keseluruhan 5 PAW anggota DPRD Pelalawan maka jumlah 35 kursi menjadi normal dan lengkap.

" Ya kursi sekarang jadi lengkap sehingga memudahkan Kita untuk fokus menjalankan tugas dan tanggungjawab kedepannya. Masa jabatan yang tersisa ini tentunya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengejar target kerja yang telah diagendakan oleh DPRD Pelalawan," ucapnya.