Cucu Bung Hatta Protes, Elite PDIP: Ya Jelaslah

Kamis, 25 Oktober 2018

INHILKLIK.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan menganggap kemarahan cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta adalah sesuatu yang wajar. Pasalnya, sosok wakil presiden pertama RI itu sangat berbeda dengan Sandiaga Uno. Bung Hatta adalah sorang pendiri negara republik ini.

Hal itu diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Andreas Hugo Pereira menanggapi sikap Gustika atas video pendek Kubu Prabowo-Sandi. Dalam video tersebut, sosok Sandi disamakan dengan Bung Hatta.

"Ya jelaslah (tidak terima, Red). Kualitas bung Hatta kita tahulah sebagai founding father. Seperti Ratna Sarumpaet kemarin disamakan dengan Cut Nyak Dien, jadi itu menghina yah," ujar Andreas di komplek DPR RI Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (25/10).

Lebih lanjut, anak buah Megawati Soekarnoputri itu meminta agar setiap pihak tidak menghalalkan segala cara untuk mengangkat pamornya. Apalgi jika cara tersebut mencatut nama pahlawan nasional.

"Saya kira ya janganlah kita mau mengangkat diri kemudian mau mensejajarkan diri dengan tokoh tokoh bangsa seperti Bung Hatta hanya karena kita ingin memperoleh kredit poin politik di mata publik," jelasnya.

Langkah seperti ini diyakini justru akan merugikam kubu Prabowo-Sandi. Karena rakyat saat ini sudah pintar. Bisa memberikan penilaian secara objektif.

Selain itu kejadian ini pun dianggap sangat memalukan. Karena menyamakan Sandi dengan Bung Hatta cenderung seperti hoaks belaka.

"Masyarakat bisa melihat siapa Sandi dan siapa Bung Hatta. Kan jadi lucu begitu. Kayak gitu kita membuat bagian hoaks juga, bagian kita membuat mengasosiasikan diri menurut saya memalukan," pungkasnya.

Diketahui, unggahan video Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandiaga Dahnil Anzar Simanjuntak di media sosial (medsos) berbuntut panjang. Video yang berdurasi semenit tersebut dipersoalkan, lantaran Dahnil menyamakan sosok Sandiaga dengan Wakil Presiden Indonesia pertama Mohammad Hatta.

Protes keras datang dari cucu Mohammad Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Melalui akun twitter pribadinya @Gustika, dirinya meluapkan emosi lantaran sang kakek kandung disamakan dengan Sandiaga.

"Untuk orang yang kesabarannya minus kayak gue gini denger kakek gue disamain sama Sandiaga Uno rasanya mau muntah. Hatta adalah Hatta, kamu adalah kamu. Saya cucu Hatta, tetapi saya bukan Bung Hatta," kata Gustika pada Kamis (25/10). (JPC)