Dovizioso Menangi Balapan Dramatis MotoGP Valencia, Marquez Jatuh!

Ahad, 18 November 2018

VALENCIA – Balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Rcardo Tormo, Minggu (18/11/2018) malam berlangsung dramatis. Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso keluar sebagai kampiun. Sementara sang juara dunia gagal finis karena terjatuh.

Lintasan yang basah membuat satu per satu pebalap berjatuhan. Balapan pun sempat dihentikan sementara pada lap ke-13.

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Pebalap Suzuki, Alex Rins berhasil melejit ke posisi pertama pada lap pertama. Ia punya jarak yang cukup jauh dari Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso yang ada di belakangnya. Sedangkan Valentino Rossi yang sudah mampu melejit ke urutan ketujuh.

Setelah disusul oleh Andrea Dovizioso, Maverick Vinales juga berhasil dibalap oleh Pol Espargaro dan Marc Marquez. Vinales kini ada di posisi kelima.

Valentino Rossi berhasil menyusul Maverick Vinales di lap kelima. Kini Rossi bakal berduel lawan Vinales secara langsung untuk perebutan posisi ketiga.

Duel lain yang terbilang sengit di awal balapan ini adalah duel Pol Espargaro lawan Marc Marquez dalam perebutan posisi ketiga.

kualifikasi motogp austria, kualifikasi, motogp austria, motogp

Marc Marquez dan Valentino Rossi. (Reuters)

Setelah Espargaro melebar dan membuat Marc Marquez nyaman di posisi ketiga, ternyata Marquez terjatuh dalam upayanya mendekatkan diri pada Andrea Dovizioso pada lap ketujuh. Marquez gagal mengontrol motor dan terlempar keluar.

Setelah Marquez sejumlah pebalap lain juga terjatuh. Seperti Andrea Iannone dan Maverick Vinales.

Akhirnya pada lap ke-13 red flag atau bendera merah dikibarkan. Semua pebalap masuk pit dan ini berarti balapan akan di-restart untuk menuntaskan 14 lap tersisa.

Beberapa menit kemudian, balapan kembali dilanjutkan dengan terlebih dulu dilakukan start ulang.

Alex Rins kembali memulai start dengan baik namun Andrea Dovizioso akhirnya sukses menyusul Rins saat balapan memasuki lap ke-15. Valentino Rossi ada di posisi ketiga.

Ketiga pebalap ini menunjukkan kecepatan mereka lebih baik dibandingkan pebalap lainnya di balapan kali ini. Trio ini sukses meninggalkan rombongan pebalap di belakang dan terus bersaing di rombongan depan.

Memasuki lap ke-20, Valentino Rossi berhasil menyusul Alex Rins dan kini ada di posisi kedua. Jarak Rossi dengan Andrea Dovizioso di posisi pertama masih cukup jauh.

Valentino Rossi terjatuh pada lap ke-23 MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (18/112018) malam. (crash.net)

Sayangnya pada lap ke-23, Rossi terjatuh! Namun ia masih bisa bangkit dan melanjutkan balapan. Tapi posisinya melorot ke urutan 13, tepat di belakang mantan rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Akhirnya, Andrea Dovizioso dengan tenang menyelesaikan balapan dengan finis terdepan, disusul Alex Rins dan Pol Espargaro.

Hasil balapan MotoGP Valencia 2018:

POS # RIDER GAP
1
4
A. DOVIZIOSO
24:03.408
2
42
A. RINS
+2.750
3
44
P. ESPARGARO
+7.406
4
51
M. PIRRO
+8.647
5
26
D. PEDROSA
+13.351
6
30
T. NAKAGAMI
+32.288
7
5
J. ZARCO
+32.806
8
38
B. SMITH
+33.111
9
6
S. BRADL
+36.376
10
55
H. SYAHRIN
+37.198

(fat/pojoksatu)