Dirjend PHU : 99 persen Riau Sudah Kantongi Izin Embarkasi Haji Antara

Rabu, 09 Januari 2019

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Kerja keras Provinsi Riau untuk mendapatkan Embarkasi Haji Antara di tahun 2019 ini nampaknya membuahkan hasil. Segala yang jadi persyaratan terus dikebut dalam persiapan. Alhasil, dari pemeriksaan kesiapan yang ditinjau oleh Tim Kementerian Agama RI dalam hal ini oleh Dirjen PHU (Penyelenggara Haji dan Umroh) dan rombongan, Selasa (08/01) sangat menggembirakan.

Dari kesiapan yang dilakukan, Riau dianggap sudah layak dan mendapatkan Embarkasi Haji Antara, dimana kalau dipersentasekan sudah 99 persen. Kesiapan fisik sudah dirampung semua tinggal lagi kesiapan teknis yang bisa dipersiapkan jelang turun SK penetapan hingga bulan Matet 2019.

Ini diakui langsung oleh Dirjend PHU Kementerian Agama RI, Prof. Nizar Ali setelah mengecek ruang per ruang Asrama Haji Provinsi Riau, Jl. Mekar Sari Pekanbaru (eks Rusunawa belakang DPRD Riau).

"Secara umum saya menilai, Insya Allah mungkin tahun ini asrama haji Riau ini meningkat jadi asrama haji antara. Karena semua aspek komponen-komponen yang harus dipenuhi sudah tetsedia di asrama haji ini," sebutnya.

Dikatakannya juga, seluruh komponen yang jadi syarat dijadikannya asrama haji antara sudah dipenuhi. Tinggal lagi yang dibutuhkan manajemenya saja, bagaimana pengaturan calon jamaah haji ketika datang. Kemudian bagaimana pasca satu hari di asrama sampai pada keberangkatan yang perlu dipersiapjan oleh Pemda.

"Begitu juga dari hasil pertemuan tadi yang dipimpin langsung oleh Plh Gubernur, semua instansi tetkait seperti pihak Bandara, KKP, Bea Cukai, Imigrasi, Dinas Kesehatan, Dishub, Kepolisian Satpol PP sudah menyatakan kesiapan dalam embarkasi antara ini," tambahnya sembari mengakui kalau hal ini merupakan kesungguhan dan bukti dari daerah untuk Riau dalam mewujudkan embarkasi antara ini.

Kedatangan Tim Kemenag RI yang dipimpin oleh Dirjend PHU dan rombongan dalam mengecek kesiapan asrama haji Riau di dampibgi oleh Plh Gubri, Ahmad Hijazi, Asisten I Ahmad Syah Harofie, Kanwil Kemenag Riau, OPD dan seluruh lembaga vettikal terkait yang ada. Kedatangan langsung melihat seluruh ruangan yang afa mulai ksmar tempat tidur jamash, ruang kedatangan, ruang keberangkatan dan lainnya.  (MCR)