Keutamaan Membaca 3 Surah Qul Sebelum Tidur

Rabu, 30 Januari 2019

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Sebelum tidur saat malam hari, selain membaca doa, kita juga disunnahkan untuk membaca 3 surah qul. Yang dimaksud dengan 3 surah qul tersebut yakni surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas.

Dikutip dari islamidia.com, dengan membaca ketiga surah tersebut sebelum tidur, dapat menghindarkan Anda dari segala macam hal buruk. Serta dapat menolak gangguan jin, syaita, sihir serta berbagai kejahatan yang mungkin menimpa Anda saat tidur.

Cara mengamalkannya yakni, sebelum tidur, sempatkan sejenak duduk dan membaca 3 surah tersebut. Setelah selesai, hembuskan pada telapak tangan, lalu usapkan ke seluruh tubuh. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali.

Sebauh hadist yang diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata:

Nabi صلى الله عليه وسلم ketika berada di tempat tidur di setiap malam, Baginda mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’, ’Qul a’udzu birobbil falaq’ dan ’Qul a’udzu birobbin naas’. Kemudian Baginda mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bahagian depan. Baginda melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR Bukhari)

Bagi orang tua yang memiliki anak kecil, juga dapat melakukan hal tersebut untuk anaknya. Yakni dengan membacakan 3 surah tersebut, lalu usapkan pada anak sebelum tidur. (bpc)