Pemprov Riau Belum Berani Pastikan Syamsuar Dilantik Tanggal 19 Februari

Rabu, 06 Februari 2019

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Pemprov Riau sejauh ini belum berani mengeluarkan pernyatakan mengenai kepastian pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih, Syamsuar-Edy Natar Nasution. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Provinsi Riau, Sudarman saat dihubungi bertuahpos.com, Rabu, 6 Februari 2019.

Dia membenarkan dari pemerintah pusat hingga kini juga belum menentukan tanggal pasti kapan Gubernur Riau yang baru akan dilantik. Namun perihal habisnya masa jabatan Wan Thamrin Hasyim sebagai Gubernur Riau melanjutkan periode Andi Rachman, dipastikan habis pada 19 Februari 2019 nanti. "Belum ada arahan apapun," katanya.

Pada awal pekan lalu Sudarman berangkat ke Jakarta persisnya ke Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengambil SK Bupati Kampar definitif Catur Sugeng. Namun dari pihak Kemendagri sendiri tidak ada menyinggung sedikitpun mengenai rencana pelantikan Syamsuar-Edy Natar sebagai Gubernur Riau definitif.

Dia menambahkan perihal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih memang sepenuhnya menjadi kewenangan pusat, termasuk untuk menentukan kapan dan di mana waktu pelaksanaannya. Artinya, dengan belum adanya informasi apapun, pihaknya memilih silent (diam), dengan alasan tidak ingin membuat suasana gaduh.

Sementara itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih, Syamsuar-Edy Natar Nasution sudah merencanakan akan menggelar syukuran. Sejumlah persiapan saat ini tengah dilakukan oleh orang-orang di sekitar Syamsuar. Jika tak ada halangan, keduanya akan dilantik sebagai Gubenur dan Wakil Gubenur Riau definitif pada tanggal 19 Februari 2019. "Sudah siap-siap," kata sumber bertuahpos.com.

Dia juga membenarkan perihal akan ada syukuran yang akan dilaksanakan oleh Syamsuar sehari setelah proses pelantikan sebagai Gubernur Riau definitif dilangsungkan. "Jika tak ada halangan, tanggal 19 Pak Syam dilantik, dan tanggal 20 akan diadakan syukuran," tambahnya.