Viral! Nenek di Medan Dijadikan Pengemis oleh Cucu, Ini Kata Saksi

Rabu, 06 Februari 2019

INHILKLIK.COM, MEDAN - Sebuah video viral di media sosial. Dalam video yang diunggah akun Irham Taufik itu tampak seorang perempuan tua diduga diminta mengemis oleh wanita muda yang disebut-sebut anaknya sendiri.

Irham menyebut, peristiwa itu terjadi di Jalan Platina Raya Titipapan, Medan Merelan, Sumatera Utara. Sang nenek, kata dia, kerap terlihat mengemis di SPBU Titipapan.

" Pemandangan ini hampir dua minggu saya saksikan, tiga wanita naik motor, yang dua muda dan yang satu lagi sudah tua. Seorang nenek-nenek tua diapit oleh kedua wanita tersebut," tulis Irham.

Dalam video yang dia buat, tampak nenek bersarung itu berjalan kaki tanpa alas. Dia menggunakan tongkat dan berjalan tertatih.

Kepada Dream, Irham mengatakan, dua video yang dia unggah itu dibuat beberapa hari yang lalu. Video pertama, saat perempuan tua itu diantar menggunakan sepeda motor dibuat Selasa, 5 Februari 2019.

" Yang satunya tiga atau empat hari sebelumnya," kata Irham, Rabu, 6 Februari 2019.

Irham sengaja memvideokan nenek itu karena rasa iba. Dia teringat orangtuanya.

"Saya inisiatif, videokan, siapa tahu ada yang bantu dan dicari solusinya," ujar dia.

Penjual sate ini mengaku sempat mendapat respons ketus dari perempuan muda yang mengantar sang nenek.

"Nah, video yang ada anaknya itu ngomong. `Ngapain ngambil-ngambil foto`," ucap dia.

Irham mengatakan, sempat berbincang dengan nenek itu. Dengan berbahasa Jawa nenek itu mengaku pergi ke lokasi itu diantar sang cucu.

Menurut pengakuan Irham, nenek itu mengatakan akan dimarahi ketika tidak mengemis. "Saya tanya, `kenapa nenek disuruh minta-minta gini? Kalau nggak minta-minta dia marah?` Dia jawab, `Heeh`," kata dia.

Nenek itu sempat berkilah bahwa kegiatan mengemis itu karena kemauannya. Tetapi, saat ditanya kembali oleh Irham, nenek itu mengaku tidak akan diberi makan jika ogah mengemis.

Irham sempat menyarankan si nenek untuk tetap di rumah atau tinggal di asrama. Tetapi, saran Irham itu tak disetujui oleh sang nenek.

"Mau nggak nenek di asrama? Nanti dapat makan, dapat tidur, nanti nenek enak. Terus si nenek, `Nggak mau. Takut`," ucap dia.

Irham tidak dapat memastikan tempat tinggal si nenek tersebut. Tetapi, dia menyebut, si nenek mengaku tinggal bersama cucu dan anaknya di Klumpang, Deli Serdang.

Pasca video itu diunggah, Irham mengaku, belum ada dihubungi Dinas Sosial Kota Medan untuk mendapat keterangan lanjutan.

Hingga kini, sang cucu yang mengantar sang ibu belum bisa dikonfirmasi atau dimintai keterangan. (adv)