Tokoh Hindu Mpu Jaya Prema: Tak Perlu Marah Disebut Kafir

Ahad, 03 Maret 2019

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Tokoh Hindu, Mpu Jaya Prema mengatakan tidak ada yang perlu dipermasalahkan dan marah dengan penyebutan kafir oleh umat Islam. Bahkan, kata dia, umat Hindu harus bangga disebut kafir.

Hal itu diungkapkan Mpu Jaya Prema dalam suatu videonya.

"Kafir itu istilah dalam Islam, yang artinya orang-orang yang berada di luar Islam. Itulah kafir," ujar Mpu Jaya Prema.

Dengan demikian, seharusnya orang-orang Hindu harus bangga disebut kafir, karena memang berada di luar Islam. Orang-orang Hindu punya keyakinan dan agama yang bukan Islam, yaitu Hindu itu sendiri.

"Jadi kalau kita disebut kafir, justru kita harus bangga. Karena kita berada di luar Islam. Kita punya keyakinan, kita punya agama, yang bukan Islam, yaitu Hindu," tambah dia.

Dengan demikian, Mpu Jaya Prema mengatakan tidak perlu marah jika disebut kafir. Tidak ada yang harus dicurigai dan dipermasalahkan.

"Justru kalau disebut tidak kafir yang marah, karena itu artinya berada di dalam Islam, bukan kafir. Tapi karena saya di luar Islam, wajar dong disebut kafir," pungkasnya.

Sebelumnya, ada Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU),  yang hasilnya menyarankan agar masyarakat Indonesia yang beragama non-Muslim tak lagi disebut sebagai kafir.