Puskesmas Sapat Berikan Pembinaan Kesehatan Pada Calon Jema’ah Haji

Selasa, 26 Maret 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Puskesmas Sapat kecamatan Kuindra melakukan Pembinaan dan Pemeriksaan kesehatan pada calon jema’ah haji, Selasa (26/3/2019). yang dihadiri oleh kepala Puskesmas  Endang Suratmi,S.ST dan tenaga Promkes serta Tenaga kesehatan puskesmas Sapat yang terlibat dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan ini tenaga promosi kesehatan puskesmas Sapat Ahmad Syarif, SKM menjelaskan tentang penyelenggaraan kesehatan calon jemaah yang akan melaksanakan  Ibadah Haji bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya kepada Jemaah haji, melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan yang baik agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan aman sesuai dengan tuntutan ajaran Agama Islam.

Penyelenggaraan kesehatan haji bertujuan untuk mencapai kondisi Istithaah Kesehatan Jemaah Haji, mengendalikan faktor risiko kesehatan haji, menjaga agar jemaah haji dalam kondisi sehat selama di Indonesia, selama perjalanan, dan saat melakukan ibadah haji sampai saat pulang kembali ke indonesia, serta mencegah terjadinya transmisi penyakit menular yang mungkin terbawa keluar dan atau masuk oleh Jema’ah Haji dan memaksimalkan peran serta masyarakat dalam Penyelenggaraan Kesehatan Haji.

HJ. Kasmawati, S.Kep selaku pemateri pada kegiatan ini juga menjelaskan bahwa Puskesmas sapat melakukan Pembinaan terhadap Jemaah Calon Haji tahun 2019 ini rutin setiap bulannya di Puskesmas Sapat. baik bagi calon jema’ah haji yang masih dalam masa tunggu, maupun yang dalam masa keberangkatan, harapannya agar calon jema’ah haji pada masa tunggu dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin serta pengukuran kebugaran setiap tiga bulan sekali. (adv)