Debat Capres Keempat, Prabowo: Pancasila Adalah Idiologi Final

Sabtu, 30 Maret 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mengtakan bahwa Pancasila adalah idiologi final. Hal ini diungkapkannya saat menyampaikan visi dalam debat keempat Capres Pilpres 2019 digelar di hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu 30 Maret 2019.

Dia mengungkapkan Pancasila merupakan hasil dari buah pikiran cemerlang dari pendiri bangsa. Dan Idiologi Pancasila telah berhasil mempersatukan ratusan etnis, suku, budaya, agama-agama besar di Indonesia.

"Kami bertekat mempertahankan Pancasila hingga titik darah terakhir. Saya, sejak 18 tahun lalu sudah bersumpah untuk mempertahankan Pancasila. kalau ada yang mengubahnya, akan saya hadapi dengan sekuat tenaga yang saya punya," uangkapnya.

Sementara dari sisi pemerintah, menurut Prabowo, lembaga pemerintah Indonesia harus kuat, baru negara bisa menjadi kuat. Tidak mungkin negara akan kuat kalau lembaga pemerintah lemah.

"Kalau masih ada korupsi dan jual beli jabatan, mustahil lembaga pemerintah akan kuat. Kami akan membersihkan lembaga pemerintah. pandangan saya korupsi di Indonesia sangat parah. Kalau diibaratkan penyakit, ini (korupsi) sudah stadium 4," sambungnya.

Selanjutnya, pandangan Prabowo dari sisi pertahanan, menurutnya, selama ini keamanan negara terlkalu lemah karena anggran untuk TNI dianggap masih terlalu kecil dan kedepa akan diperbaiki.

"Di hubungan internasional, bagi saya seribu kawan terlalu sedikit, dan satu lawan terlalu banyak. kita akan membela rakyat," katanya.

Untuk diketahui, debat keempat Capres Pilpres 2019 digelar di hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu 30 Maret 2019, pukul 20.00 WIB, mengusung tema; Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.