Jumlah Tamu Undangan Debat Capres Kelima Ditambah, Ini Alasan KPU

Selasa, 02 April 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Jumlah tamu undangan untuk debat Capres terakhir akan ditambah untuk masing-masing pendukung (TKN dan BPN), dengan jatah masing-masing 150 undangan.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan mengatakan, kebijakan ini merupakan hasil dari komitmen bersama dan hasil evaluasi dari debat keempat. Menambah jumlah tamu undangan untuk TKN dan BPN ini masih dianggap relevan. 

"Total undangan nanti menjadi 500," ungkapnya di Jakarta seperti dilansir dari detikcom, Selasa, 2 April 2019.

Dia menambahkan, dari 500 undangan itu, sebanyak 200 undangan merupakan tamu KPU, adan 300 undangan lainnya adalah tamu dari TKN dan BPN. 

"Sebelumnya untuk TKN dan BPN, jumlah tamu undangannya hanya masing-masing 100," sambungnya. 

Wahyu menegaskan keputusan untuk menambah tamu undangan dari TKN dan BPN sudah dibahas dalam rapat. Dia membenarkan bahwa sebelumnya jumlah undangan dikurangi karena ada gaduh dalam area debat.

Namun, menurutnya undang ini kembali ditambah karena dalam debat sebelumnya masing-masing pendukung tercatat cenderung tertib.

"Di debat kedua undangan TKN BPN memang kita kurangi karena ada kegaduhan. Tetapi pada waktu debat ketiga dan keempat, kita melihat ada perubahan yang signifikan," kata Wahyu.

Hanya untuk informasi saja, prosesi debat kelima akan digelar di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, 13 April 2019. Debat akan menghadirkan Capres dan Cawapres. Temanya; Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.