Siapa Menteri Pemilik Uang Rp8 Miliar dalam Amplop Bowo? Ini Jawaban KPK

Rabu, 10 April 2019

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan menindaklanjuti pengakuan pengacara Bowo Sidik Pangarso, Saut Edward Rajagukguk. Siapa menteri pemilik uang Rp8 miliar tersebut?

Sebelumnya Saut mengatakan bahwa uang Rp8 miliar dalam amplop yang disita KPK tersebut berasal dari menteri. Namun, tidak disebutkan apakah hanya satu atau lebih menteri. Namun, diduga kuat, pemberi uang itu menteri asal Partai Golkar.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Rabu (10/4/2019), mengatakan pihaknya menindaklanjuti setiap informasi. Termasuk soal Nusron Wahid yang disebut memerintahkan amplop itu.

"Kalau memang ada informasi, disampaikan saja ke penyidik. Tapi tentu KPK tidak bisa mempublikasikan sekarang isi berita acara itu apa. Itu kan teknis sekali dalam penyidikan. Nanti di sidang paling mungkin kami sampaikan," kata Febri seperti dikutip dari Detikcom.

Sebelumnya, Saut Edward menyebut duit Rp 8 miliar dalam amplop yang disita KPK, diduga berasal dari menteri. Duit dalam 400 ribu amplop yang disimpan di puluhan kardus itu juga disita terkait OTT suap sewa kapal distribusi pupuk dengan tersangka Bowo Sidik.

"Sumber uang yang memenuhi Rp 8 miliar yang ada di amplop tersebut dari salah satu menteri yang sekarang lagi menteri di kabinet ini," ujar lanjut Saut.