Kajian Maghrib: Inilah Kekuatan yang Maha Dahsyat

Jumat, 03 Mei 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Ibnu Qayyim (dituliskan Amru Khalid dalam bukunya berjudul: Ibadah sepenuh hati) berkata: sesungguhnya di dalam hati terdapat sebuah sobekan yang tak bisa dijahit kecuali dengan menghadap penuh kepada Allah SWT. Di dalamnya juga ada keterasingan yang tak mampu diobati kecuali dengan menyendiri bersama Allah. 

Dia berkata di dalam hati juga ada kesedihan yang tak akan mempu diseka kecuali oleh kabahagiaan yang tumbuh karena mengenal Allah dan ketulusan berinteraksi dengan-Nya. Di dalam hati juga terdapat kegelisahan yang tak mampu diterangkan kecuali dengan berhimpun karena Allah dan pergi meninggalkan kegelisahan itu menuju Allah. 

"Ada juga gejolak api yang tak mampu dipadamkan kecuali oleh keridoan akan perintah, larangan, dan keputusan Allah yang diiringi dengan ketabahan dan kesabaran sampai tiba saat perjumpaan  dengan-Nya," sebutnya. 

Di dalam hati juga terdapat tuntunan kuat yang tidak akan berhenti sebelum Allah menjadi satu-satunya tujuan. Di dalamnyapun ada kebutuhan yang tidak akan terpenuhi kecuali oleh kecintaan kepada Allah, mengingat-Nya terus menerus, serta keikhlasan penuh. Bahkan jika hati ini diberi dunia beserta segala isinya kebutuhan tersebut tetap tidak akan terpenuhi. 

"Itu lan sebab doa termasuk ibadah yang paling indah. Dengan hati akan menghadap Rabbnya demi memambal sobekan serta menghilangkan keterasingan, kesedihan dan kerugian," sebutnya.

"Ketahuilah, bahwa doa yang Anda panjatikan, pasti akan dikabulkan. Kekuatan yang Maha dahsyat itu adalah doa," ujarnya.