RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Lulus Akreditasi

Jumat, 31 Mei 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Setelah beberapa pekan usai Ppelaksanaan survei Aakreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit, RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dinyatakan Lulus Survey Akreditasi dengan Prediket Lulus Akreditasi Utama (Bintang 4). Informasi kelulusan ini diperoleh dari email yang dikirim oleh Kars ke email RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dan diumumkan oleh Plt. Direktur RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dr. Eka Yuliartiningsih pada Rapat Manajemen Jum'at (31/5)

dr. Eka Yuliartiningsih mengungkapkan rasa syukurnya atas kelulusan tersebutdan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak kepada Bapak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur, Pak Sekda serta jajaran Dewan Pengawas yang telah memberikan supporting secara optimal.

Ucapan terimakasih dan penghargaan juga diberikan kepada Tim Akreditasi RPSB yang digelar Pejuang Mutu oleh Plt. Direktur serta seluruh jajaran Rumah Sakit maupun keluarga pasien serta Lembaga Pendidikan yang menjadi Mitra RSPB sehingga proses penilaian akreditasi dapat terlaksana dengan baik dan lulus.

"Disamping itu beberapa kekurangan yang ada tentunya menjadi catatan kita untuk kita perbaiki guna kedepannya kita bisa meningkatkan lagi penilaian akreditas dari Utama (Bintang 4) menjadi Paripurna (Bintang 5).

Namun yang terpenting output dari penilaian itu adalah bagaimana Rumah Sakit mampu menjamin mutu dan kwalitas pelayanan Rumah Sakit yang memenuhi standar akreditasi," ujar dr Eka. Kepala Bagian Umum RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Indrawansyah Syarkowi, SE, M.Si merasa terharu atas kelulusan Tingkat Utama (Bintang 4) penilaian Akreditasi yang dilakukan oleh KARS.

"Tentunya kita bersyukur kepada Allah SWT atas anugerah yang diberikan dibulan penuh berkah ini, dan tahniah untuk semua karena kelulusan ini adalah berkah dari kebersamaan dan kerja keras semua Insan RSPB, sebelumnya kita juga bersyukur atas perbaikan kinerja selama ini menunjukkan hasil, ketika awal Tahun 2017 kami masuk bertugas di RSUD Petala Bumi Penilaian Sakip untuk tahun 2016 mendapatkan penilaian prediket D, dan pada tahun 2018 untuk penilaian kinerja tahun 2017 naik menjadi C, dan alhamdulillah pada tahun 2019 ini untuk penilaian kinerja tahun 2018 Sakip kita mendapatkan penilaian dengan prediket B ini capaian yang luar biasa terhadap kinerja RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dalam dua tahun terakhir dan puncaknya pada tahun ini kita mampu mendapatkan kelulusan penilaian Akreditasi dengan Prediket Utama (Bintang 4) meningkat dari Penilaian Akreditasi sebelumnya yang lulus melalui Program Khusus Perdana (Bintang 1) tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari supporting pimpinan, kerjasama yang solid diinternal serta dukungan penuh masyarakat, semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan menjadi motivasi kita untuk terus meningkatkan pelayanan Rumah Sakit menjadi lebih baik lagi," terang Indrawansyah.

Menurut pantauan Inhilklik.com, banyak terobosan yang dilakukan Manajemen RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dalam dua tahun terakhir, seperti memperbaiki sarana prasarana, renovasi ruang pendaftaran, rawat jalan, rawat inap dan melengkapi gedung dengan AC Central sehingga pengunjung merasakan kenyamanan berobat di Rumah Sakit milik Pemprov Riau ini.

Selain fisik, pembangunan SDM juga dilakukan dengan membangun Budaya Integritas melalui Kader Penggerak Budaya Integritas serta menyediakan Klinik Pelayanan Psikologi dan Integritas.

Pembinaan SDM juga dilakukan melalui pendekatan kultural dan spiritual seperti menghimbau pegawai untuk mengawali kegiatan dengan berdo'a dan membaca surah-surah pendek selama 5 menit bagi yang muslim, menggunakan tanjak oleh petugas pendaftaran dan membuat kebijakan pengumuman menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu.

Dengan pembinaan secara kultural dan spiritual ini mampu membentuk pegawai yang ramah dan santun dalam memberikan pelayanan serta peduli terhadap kebersihan rumah sakit.

Terkait jenis pelayanan juga mengalami peningkatan dengan penambahan Dokter Spesialis, dengan membuka Poli Rehab Medik dan kedepan Manajemen RSUD Petala Bumi Provinsi Riau berencana akan membuka Poli Jantung agar pasien jantung bisa ditangani langsung tanpa harus merujuk, harapan kita selaku masyarakat tentunya mendapatkan pelayanan yang terbaik dari Rumah Sakit milik Pemerintah Provins Riau ini. (Ard)