Viral Puri Indah Mall Pisahkan Toilet Ojol, Ini Kata Driver Ojol

Kamis, 18 Juli 2019

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Para pengemudi ojek online atau ojol di sekitar kawasan Puri Indah Mall menolak adanya pemisahan toilet untuk mereka dan pengunjung umum.

"Saya dari awal memang tidak setuju toilet untuk pengemudi ojek online dipisah dengan toilet pengunjung mall. Itu diskriminasi," kata seorang pengemudi ojek online alias ojol, Rizky Saputra, di dalam Puri Indah Mall, Jakarta Barat, Kamis, 18 Juli 2019.

Pemisahan antara toilet pengunjung mall dengan toilet khusus untuk karyawan, pengantar dan ojek online viral di media sosial beberapa hari lalu.

Setelah informasi itu menjadi viral, manajemen Puri Indah Mall memutuskan mencopot papan pemisahan toilet untuk pengantar maupun ojek online (ojol) itu.

Rizky menuturkan datang ke mall untuk membeli makanan yang dipesan pelanggan. Jadi, kata dia, pengemudi ojek online merupakan perwakilan pembeli. "Jangan ditiru mall seperti itu. Jangan bedakan kami antara yang satu dengan yang lain."

Pengemudi ojek online lainnya, Indra Sanjaya, 29 tahun, juga menentang pemisahan tersebut. Ia tidak bisa menerima perbedaan fasilitas yang diberikan pengelola kepada pengemudi ojek online. "Kalau dipisah seperti ini kami dianggap jorok," ujarnya.

Padahal, untuk masuk ke dalam mall Indra tidak gratis. Sebab, ia membayar parkir yang menjadi pendapatan pengelolaan parkir di dalam mall. "Pengelola banyak alasan," ucapnya.

Menurut dia, maraknya aksi protes di media sosial terkait kebijakan diskriminasi pengelola mall juga berdampak pada aturan penggunaan atribut pengemudi ojek online. Sebab, sebelumnya Puri Indah Mall juga melarang pengemudi ojol menggunakan atribut seperti jaket sebagai identitas pengemudi ojol.

"Kalau pakai jaket Grab, kami harus lepas atau membaliknya. Pengelola mall melarang pakai atribut ojek online," ujar dia.

Pemisahan toilet karyawan, pengemudi ojol dengan pengunjung dibenarkan oleh seorang karyawati toko olahraga. Menurut dia, pemisahan toilet tersebut telah dilakukan sejak dua pekan lalu oleh manajemen. Namun, tanda pemisahan toilet tersebut telah dicopot oleh pengelola sejak kemarin, Rabu, 17 Juli 2019.

"Dicopot karena sudah ramai di media sosial," demikian karyawati itu, Kamis 18 Juli 2019. Hingga berita ini ditulis Tempo belum bisa menemui pengelola atau manajemen Puri Indah Mall untuk mengkonfirmasi pemisahan toilet ojol yang sempat viral tersebut. (tempo)