Kelebihan Buku Dibandingkan Gadget

Sabtu, 17 Agustus 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Saat ini, peranan gadget sudah bisa menggantikan banyak hal, termasuk buku. Gadget lebih ringkas dan praktis. Lalu, apakah buku harus ditinggalkan?

Memang, tidak bisa dipungkiri jika gadget mempunyai lebih banyak fungsi. Namun, buku lebih baik dari aspek.

Berikut adalah kelebihan buku dibandingkan gadget, dikutip dari Dinas Kearsipan dan Pustaka Kabupaten Bekasi.

1. Mata lebih sehat jika membaca buku

Jelas jika membaca buku membuat mata lebih sehat jika dibandingkan melihat layar gadget. Seperti diketahui, layar gadget mempunyai radiasi tertentu yang tentu akan merusak mata. Jadi, membaca buku tentu lebih baik untuk mata dibandingkan melihat layar gadget.

2. Tidak memerlukan tenaga

Jelas. Hanya butuh sedikit tenaga untuk membuka buku. Gadget? Yah, perlu charger, perlu didinginkan jika terlalu panas, dan masih banyak lagi.

3. Lebih fokus

Ketika membaca menggunakan gadget, notifikasi dari media sosial bisa saja mengganggu konsentrasi. Buku tentu tidak mempunyai hal yang mengganggu tersebut.

4. Ruangan lebih baik dengan buku

Sebuah ruangan akan lebih baik jika ada rak-rak yabg berisikan buku dengan rapi. Suasana akan lebih hidup.

5. Kualitas seseorang dinilai dengan buku yang dibacanya

Tentu saja. Mereka yang membaca novel, puisi, dan karya sastra lain akan dianggap seniman. Mereka yang membaca karya Suwardi MS, OK Nizami Jamil, Taufik Ikram Jamil, akan dianggap budayawan, atau setidaknya pemerhati budaya Melayu Riau. Kalau gadget? Seseorang hanya akan dinilai seberapa kayanya dia dari gadget yang dia pegang.