Saat Kabut Asap, Kadiskes Inhil Imbau Masyarakat Perbanyak Minum Air Putih

Senin, 26 Agustus 2019

Kadiskes Inhil, H Zainal Arifin, S.Km, M.Kes menyampaikan sambutan dalam sebuah kegiatan belum lama ini.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Zainal Arifin, S.Km, M.Kes menghimbau kepada masyarakat untuk memperbanyak minum air putih saat cuaca berkabut asap. 

Kabut asap akan berpengaruh kepada saluran pernafasan dan daya tahan tubuh, Zianal juga menghimbau masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah serta memerbanyak mengosumsi buah.

"Ketika kabut asap harus banyak minum air putih, gunakan masker ketika keluar rumah dan makan buah yang cukup. Jaga stamina, jika ada keluhan segera berobat puskesmas," ujar Zainal belum lama ini.

Dikatakan Zainal, Dinkes Inhil juga telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Puskesmas mengenai penanganan danpak kesehatan yang diakibatkan oleh Karlahut.

"Kepada seluruh pukesmas kita sudah buat surat edaran," kata Zainal.

Ditibambahkan Zanal, langkah penangan danpak Karlahut terhadap kesehatan tidak hanya dilakukan diinternal lingkungan kerja Dinas Kesehatan, Pihaknya juga menyurati semua Camat.

"Surat yang ditanda tangani oleh Pak Bupati, harapan kita Camat menyampaikan kepada seluruh lurah mengenai tindakan-tindakan penanganan danpak Karhutla ini" jelas Zainal.

Hari ini, Senin (26/08/2019) kabut asap di Kabupaten Inhil terlihat semakin menebal. Aktivitas disekolah-sekolah masih terlihat normal, belum ada keterangan resmi dari Pemkab setempat soal status kesehatan udara. (Ard)