Pekanbaru Tak Masuk Dalam Daftar 10 Pembangunan Kota Metropolitan yang Dicanangkan Pemerintah

Ahad, 08 September 2019

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Kota Pekanbaru tak masuk dalam daftar 10 daerah yang disasar pemerintah sebagai salah satu titik pembangunan kota metropolitan. Pemerintah pusat telah menetapkan 10 kota tersebut dalam RPJMN lima tahun kedepan dan dimuali dari sekarang. 

Dari 10 kota tersebut empat diantaranya berada di dalam Pulau Jawa, sedangkan enam lainnya berada di luar pulau Jawa. Di Jawa, yaitu DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sementara kawasan metropolitan yang akan dikembangkan di luar Jawa yakni Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, dan Makassar.

"Ini sudah kami rancang sebelum penentuan Ibu Kota," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dalam wawancara eksklusif bersama CNBC Indonesia, seperti dikutip Minggu, 8 September 2019.

Dia menjelaskan pengembangan 10 kawasan metropolitan ini untuk mengurangi kesenjangan antar daerah yang selama sudah terjadi. Melalui rencana ini, diharapkan seluruh wilayah merasakan betul-betul kue ekonomi yang ada.

Berdasarkan data pemerintah, hampir 58% pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berada di pulau Jawa. Kondisi ini yang menjadi alasan utama terjadi kesenjangan dan ketimpangan.

Bambang mengaku masih merahasiakan konsep pengembangan 10 kawasan metropolitan. Namun, mantan Menteri Keuangan itu menegaskan sudah siap mengeksekusi rencana ini tahun depan.