DPRD Riau Minta Timdu Waspada, Asap Kembali Muncul

Kamis, 17 Oktober 2019

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Walau hujan belakangan ini sudah sering turun hujan di Kota Pekanbaru, namun kabut asap mulai kembali terlihat. Untuk itu DPRD Riau kembali meminta pada Tim Terpadu (Timdu) Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) yang sudah terbentuk untuk terus waspada.

"Kita minta kalau memang sudah muncul asap kembali, Timdu yang sudah dibentuk untuk lebih waspada. Lakukan pengawasan dan pemantauan terus dimana titik api yang mucul, lakukan segera penanganan. Atau apakah asap ini kiriman dari provinsi tetangga atau tidak.  Hal ini jangan sampai luput dari pantauan," sebut Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar, Rabu (16/10) saat dikonfirmasi.

Kemudian disampaikan juga, terhadap pelaku pembakaran harus ada efek jera.  Di Riau ada sekitar 1,4 juta hektar lahan yang dikelola oleh pihak korporasi tanpa izin. Ini harus dicarikan jalan keluarnya, karena lahan inilah yang sering terjadi kebakaran. 

"Pemerintah harus evaluasi perizinan perkebunan yang diberikan. Di lapangan banyak yang tidak cocok dengan izin yang diberikan," tambahnya.

Ditambahkan, dampak dari kabut asap yang ditimbulkan selama ini cukup luas, terutama kerugian di banyak sektor. Sekolah jadi diliburkan, penerbangan banyak yang tertunda berefek pada ekonomi, kesehatan masyarakat tetancam dan lain sebagainya.


sumber: mediacenter.riau.go.id