Menyongsong HKN, UPT Puskesmas Kempas Jaya Gelar Berbagai Kegiatan

Senin, 28 Oktober 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN – Berbagai kegiatan dilakukan UPT Puskesmas Kempas Jaya untuk menanamkan prilaku hidup sehat sedini mungkin kepada anak-anak.

Mulai dari kegiatan lomba senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pelatihan dan lomba cerdas cermat dokter kecil. Semua kegiatan berjalan lancer dan meriah.

Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS),  diikuti oleh 150 siswa dan siswi dari berbagai sekolah yang ada di kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional.

Selanjutnya kegiatan pelatihan dokter kecil dan cerdas cermat dokter kecil tingkat sekolah dasar se kecamatan kempas ikuti oleh seluruh SD/MI se kecamatan Kempas sebanyak 30 siswa dan siswi. Kegiatan dilaksanakan di Aula Puskesmas pada hari sabtu, (26/10/2019).


Suharmin, SKM.MM selaku pimpinan Puskesmas Kempas Jaya membuka dan memimpin langsung kegiatan ini tersebut.
“Kegiatan ini digelar bertujuan untuk menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa SD sejak dini. 

Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran serta meningkatkan komitmen dari seluruh lapisan sekolah dan masyarakat untuk berupaya melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, Penerapan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah akan memberikan berbagai manfaat tidak hanya bagi siswa maupun guru saja, namun juga bagi masyarakat disekitar sekolah,” ujar Suharmin.

Dengan adanya Lomba Senam CTPS tersebut merupakan salah satu upaya untuk membiasakan perilaku cuci tangan pakai sabun sejak dini pada anak dan juga menanamkan gemar berolahraga pada anak-anak sehingga anak akan terbiasa hidup sehat dan generasi Indonesia menjadi kuat.

Suharmin, SKM.MM selaku pimpinan Puskesmas Kempas Jaya mengajak para dokter kecil tersebut untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, ilmu yang sudah didapat dalam kegiatan seperti pengetahuan tentang lingkungan, kesehatan gigi, imunisasi, napza sampai pertolongan pertama pada kecelakaan ( P3K ) ini hendaknya disalurkan kepada teman-teman dilingkungan sekolah dan juga bermanfaat dirumah. ujar kepala puskesmas kempas itu.

Suharmin menambahkan, melalui dokter kecil ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas anak sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan serta kesejahteraan anak agar tumbuh cerdas dan kreatif, dan dimulai sejak dini sehingga menghasilkan manusia Indonesia yang berkualitas dan produktif. (Galllery Dinkes Inhil)