Bangun dari Tidur, Wanita ini Tak Bisa Dengar Suara Pria, Kok Bisa?

Rabu, 13 November 2019

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Seorang wanita di bagian Tenggara Tiongkok, mengalami mimpi buruk ketika dia menyadari tidak bisa lagi mendengar suara pria. Anehnya hanya suara pria saja, tapi suara wanita bisa di dengar.

Dikutip dari foxnews.com, Wanita bernama Chen, awalnya mengeluh telinganya berdenging di telinganya. Ia pun memutuskan untuk tidur dan percaya bahwa tidur yang nyenyak bisa meringankan rasa sakitnya.

Chen yang tidur di sebelah pacarnya, tidak dapat mendengarkan suara pacarnya keesokan paginya.

Ia pun kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat di kota asalnya, Xiamen, Provinsi Fujian.

 

Menderita reverse-slope hearing loss (RSHL), pasien hanya mendegar suara frekuensi tinggi.

Di Rumah Sakit Qianpu, Chen menemukan bahwa dia hanya bisa mendengar suara wanita

"Ia bisa mendengar saya ketika saya berbicara dengannya, tetapi ketika seorang pasien pria muda berjalan, dia tidak bisa mendengarnya sama sekali” ujar dokter Lin Xiaoqing Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) di rumah sakit tersebut.

Lin mendiagnosis bahwa Chen berada dalam kondisi reverse-slope hearing loss (RSHL), suatu kondisi yang jarang ditemui, di mana pasien hanya dapat mendengar suara frekuensi tinggi.

3.000 penderita di AS dan Kanada

Berdasar laporan yang dikeluarkan klinik audiologi, Audiology, Inc. Kondisi ini diderita satu dari 12.000 orang, dengan sekitar 3.000 penderita di AS dan Kanada.

Pasien dengan RSHL tidak dapat mendengar suara frekuensi rendah seperti deru guntur, dengung suara kulkas dan bahkan mobil mendekat, yang mana itu bisa berbahaya.

Masih ada kemungkinan sembuh jika segera mendapatkan pengobatan

Untungnya, kondisinya dapat pulih ketika terdeteksi segera, kadang-kadang bahkan tanpa obat.

Audiolog Dr. Michelle Kraskin mengatakan kepada Live Science, “Kebanyakan penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda mendeteksinya dalam waktu 48 jam, Anda memiliki peluang terbaik untuk pemulihan.”

Dr. Lin, yang menduga jika stres dan kurang tidur penyebab gangguan pendengaran Chen.

 

sumber: merdeka.com