Puskesmas Sungai Iliran Dinilai Tim Akreditasi dari Kemenkes RI

Ahad, 01 Desember 2019

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Puskesmas Sungai Iliran dinilai oleh Tim Surveyor Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI, Selasa (28/11/2019). Adapun Tim Surveyor Komisi Akreditasi berjumlah tiga orang diantaranya :

1.    drg. Ricky Marcello, MARS ( Bidang Admen )
2.    dr. Nita Yulinda ( Bidang UKP )
3.    Erni Yeti, SKM ( Bidang UKM)

Tim akan menilai Puskesmas Sungai Iliran selama tiga hari dari tanggal 28 s.d 30 November 2019.

Kepala Puskesmas Sungai Iliran Salmariantity, SKM saat diwawancarai oleh Media Center Tim (MCT) mengatakan persiapan reakreditasi ini sudah lama dilakukan.

“Tim Surveyor akan melakukan penilaian, baik itu dokumen, SOP yang telah dilakukan serta Bangunan Fisik Puskesmas dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas”, ungkap  Salmariantity.

“Terlepas dari semua yang telah kami lakukan, apa pun hasil yang akan didapatkan nanti baik itu dasar atau madya, akan kami terima dengan senang hati”, tutupnya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan H. Zainal Arifin, SKM. M.Kes yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Hj. Devi Natalia SKM., M.H, mengatakan terkait akreditasi, Puskesmas Sungai Iliran merupakan akreditasi yang terakhir dari 26 Puskesmas yang ada di Inhil karena untuk Puskesmas Bekawan dan Puskemas Simpang Gaung belum bisa diakreditasi sebab belum ada Registrasi dari Kementerian Kesehatan. 

“Akreditasi adalah upaya untuk meningkatkankinerja dan mutu pelayanan di Puskesmas”, papar Devi
“Sehingga Outputnya nanti kita harapkan Pelayanan akan menjadi maksimal agar masyarakat merasa sangat puas atas pelayanan yang mereka rasakan”, tutupnya.

Ketua Tim Penilaian Akreditasi drg. Ricky Marcello, MARS dalam arahannya mengatakan reakreditasi Ini merupakan pengulangan akreditasi, yang mana tujuan reakreditasi adalah meningkatkan tata kelola dalam hal pelayanan ke masyarakat serta meningkatkan mutu atau kinerja dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan meningkatkan perlindungan bagi sumber daya kesehatan.

“Biasakan kerja yang benar, jangan benarkan kerjaan yang biasa”, ucap drg. Ricky Marcello
“Kami disini bertiga akan bertugas menelaah dan menelusuri kepada sistem yang selama ini dilakukan oleh puskesmas Sungai Iliran”, terangnya.

“Telusur dan telaah ini bukan mencari kesalahan atau menyalahkan tapi memberitahu apa-apa saja yang harus dilakukan dan apa yang tidak”,tambahnya.

“Pada dasarnya Reakreditasi adalah peningkatan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap puskesmas,"tutupnya. (Gallery Dines Inhil)