Tsai Ing-wen Ucapkan Pidato Kemenangan di Pilpres Taiwan

Sabtu, 11 Januari 2020

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Presiden Tsai Ing-wen telah menyatakan kemenangan dalam pemilihan di Taiwan. Saat kandidat oposisi Han Kuo-yu mengakui kekalahan menyusul kampanye yang sengit.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang memilih hari ini terlepas dari bagaimana Anda memilih," kata dia, dikutip dari Aljazeera, Sabtu (11/1/2020).

"Dengan setiap pemilihan presiden saya ingin menunjukkan kepada dunia betapa kami menghargai cara hidup demokratis kami dan betapa kami menghargai kami bangsa, Republik Demokrasi Taiwan."

Sebelumnya, Tsai mengambil kepemimpinan kuat atas saingan Kuomintang (KMT) Han, walikota populis Kaohsiung, sebuah kota industri penting, menurut hasil televisi yang tidak efisien.

Sedikit lebih dari setahun yang lalu, prospek pemilihan ulang Tsai tampaknya tidak mungkin setelah Partai Progresif Demokratik (DPP) berkinerja buruk dalam pemilihan jangka menengah 2018 November. 

Hasilnya memaksa Tsai untuk mengundurkan diri sebagai ketua partai karena DPP kehilangan kendali atas sejumlah kota dan kabupaten utama.