Pocong Jadi-jadian yang Jaga Desa Lockdown Jadi Sorotan Media Asing

Rabu, 01 April 2020

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Pocong jadi-jadian yang menjaga desa di Jawa Tengah agar warga mengisolasi diri selama virus corona Covid-19 menjadi perhatian media asing.

MBC News, stasiun televisi Korea Selatan melaporkan kejadian unik ini.  Videonya diunggah ke situs imnews.imbc.com dan kanal YouTube MBCNEWS pada Rabu (4/1/2020).

Terdapat beberapa rekaman yang diperlihatkan pembawa berita MBC News.

Video pertama memperlihatkan segerombolan anak berjalan di gang yang gelap. Lalu muncul sosok pocong jadi-jadian di sebelah mereka.

Anak-anak yang melihat sosok putih itu lantas melarikan diri ketakutan.

Cuplikan selanjutnya memperlihatkan sosok dua pocong jadi-jadian yang duduk berjaga di pintu masuk sebuah desa di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Rekaman terakhir menayangkan sosok pocong jadi-jadian yang melompat dari atas atap bangunan.

Sebagaimana dijelaskan MBC News, sosok hantu khas Indonesia ini dihadirkan untuk menjaga desa. Alasannya, agar warga desa takut dan tidak keluar rumah saat wabah virus corona (Covid-19).

Disadur dari imnews, Rabu (1/4/2020), "Di Indonesia, di mana Covid-19 menyebar baru-baru ini, dikatakan bahwa warga menjaga pintu masuk desa dengan mengenakan kostum hantu tradisional, 'Pocong' dan mencegah pemuda keluyuran".

Pembawa berita MBC News melafalkan Pocong dengan istilah "Pocongie". Video berita dari stasiun televisi Korea Selatan ini lantas viral di Indonesia.

Pocong Jadi-jadian yang Menjaga Desa Jadi Sorotan Media Asing (Twitter dan imnews.imbc.com)

Pocong Jadi-jadian yang Menjaga Desa Jadi Sorotan Media Asing (Twitter dan imnews.imbc.com)

Bahkan penulis novel, Dewi Lestari ikut mengomentari video tersebut.

Melalui akun Twitter pribadinya, @deelestari, Dewi Lestari menulis, "Our pocong goes internesyenel".

Warganet lain pun ikut mengomentari video tersebut.

"Pocong masuk media korea namanya jadi pocongie terus berarti kalo tuyul jadi tuyulnim gitu," tulis @terjawol.

"lucu banget ejaan hangulnya terus kalau pake penanda subjek jadi pocongie, tampak tidak berbahaya dan menggemaskan tetapi sebenarnya hantu paling menakutkan di nusantara," tulis @geuibada.

Untuk diketahui,  foto pocong jadi-jadian yang duduk menjaga pintu masuk desa itu terjadi pada sebuah desa di i Sukoharjo, Jawa Tengah.

Tampak dua pocong jadi-jadian ini duduk di kursi panjang yang diletakkan di tengah jalan. Keduanya berada di depan pintu masuk gapura sebuah desa.

Desa itu berupaya mengurangi mobilitas warga dengan menugaskan dua orang menjadi pocong jadi-jadian di pintu masuk.

sumber: suara.com