Bantu Malaysia Lawan Covid-19, China Kirim Tim Ahli Medis Ke Kuala Lumpur

Ahad, 19 April 2020

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Pemerintah China mengirimkan tim ahli medisnya ke Kuala Lumpur, Malaysia, untuk membantu memerangi pandemik virus corona baru (Covid-19).

Seperti dimuat RMOL.ID, tim ahli yang beranggotakan 8 orang itu diterima oleh Dutabesar China untuk Malaysia, Bai Tian dan pejabat dari Kementerian Kesehatan di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Rencananya, para ahli tersebut akan tinggal di Malaysia selama dua pekan untuk berbagi pengalaman dan keahlian guna memerangi pandemik.

"Ini adalah waktu ketika pemerintah dan rakyat China dan Malaysia bekerja sama dan saling menjaga untuk mengatasi kesulitan. Ini juga menunjukkan hubungan yang dalam dan hangat antara China dan Malaysia," ujar Bai seperti dimuat CGTN.

Ada pun ini juga merupakan salah satu implementasi dari hasil pertemuan puncak (KTT) Khusus ASEAN+3 bersama China, Jepang, dan Korea Selatan yang diselenggarakan beberapa waktu lalu melalui video konferensi.

Di mana Perdana Menteri Muhyiddin Yassin meminta kerja sama yang lebih erat antara negara-negara ASEAn dan tiga negara mitranya tersebut guna melawan Covid-19.

Muhyiddin mengatakan, negara-negara ASEAN bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari China, Jepang, dan Korea Selatan yang sudah terlebih dulu terinfeksi virus tersebut.

Malaysia sendiri saat ini sudah mencatatkan kasus baru terendahnya sejak movement control order (MCO) diberlakukan, yaitu 69 kasus pada Jumat (18/4). Hingga saat ini, Malaysia memiliki 5.305 kasus dengan 88 orang meninggal dunia dan 3.102 orang dinyatakan pulih.