Guru ini Mengajar Online dari Atas Pohon karena Susah Dapat Jaringan,

Senin, 27 April 2020

INHILKLIK.COM, INDIA - Subrato Pati menenteng kotak berisi makanan. Setiap pagi dia berjalan menuju sebuah lapangan di desanya.

Makanan itu untuk makan siang. Biasanya dia baru pulang dari lapangan pada sore hari.

Subrato Pati seorang guru di negara bagian Bengal Barat, India. Di tengah keterbatasan jaringan internet, dia berusaha tetap mengajar secara online.

Desanya termasuk wilayah blank spot. Hanya di titik tertentu bisa menangkap jaringan internet. Salah satunya di atas pohon mimba yang tumbuh dekat lapangan itu.

Sebuah video yang dibagikan di YouTube oleh situs berita India News9 pada Jumat (24/4/2020) mendapat banyak pujian. Kreativitas dan kesungguhan Subrato Pati dari Desa Bankura itu dapat banyak jempol.

"Kami tidak mendapatkan sinyal jaringan di mana-mana di desa kami. Saya mengambil kelas yang berbeda dari jam 9.30 pagi hingga 18.00 sore," kata Pati seperti dikutip dari kantor berita ANI. 

Tidak dapat mengajar dengan baik karena jaringan yang buruk di rumah, pria 35 tahun itu menemukan solusi. Memanjat pohon.

Setiap hari dia memanjat pohon mimba di lapangan terbuka. Agar lebih nyaman, dia membuat rumah bambu di atas pohon. Dari bahan seadanya. Sekadar tempat bertengger.

Pati menggunakan ponsel cerdasnya untuk mengajar.

Semua lembaga pendidikan di seluruh negeri telah ditutup untuk mencegah penularan Covid-19. Lockdown telah diperpanjang hingga 3 Mei.

Pada Sabtu (25/4/2020), India tercatat memiliki 24.506 kasus positif virus corona. Sebanyak 5.063 telah sembuh, dan 775 meninggal dunia.

 

Sumber: rakyatku