Kabupaten Inhil Tetap Laksanakan Imunisasi Ditengah Pandemi Covid-19

Kamis, 11 Juni 2020

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H Zainal Arifin, S.Km, M.Kes.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Ditengah pandemi virus Corona (Covid-19), Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil tetap merekomendasikan pelaksanaan imunisasi pada anak. Namun pelaksanaanya harus disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

“Imunisasi tetap dilaksanakan untuk tetap meningkatkan kekebalan tubuh pada anak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H Zainal Arifin,S.Km, M.Kes melaui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Subowo Radiyanto, SKM., M.Kes, Kamis (11/06).

Lanjut Bowo, imunisasi ini penting karena dapat mencegah anak terkena penyakit mulai dari campak, polio, hingga hepatitis B.

“Karena ketika seorang anak tidak mendapatkan imunisasi lengkap kita bisa bayangkan anak tersebut akan mudah tertular penyakit, akan menderita sakit, bisa cacat, bahkan bisa meninggal dunia,” jelas Subowo.

“Pada saat Pandemi ini Posyandu tidak diperkenankan dibuka, sehingga imunisasi dilaksanakan di Puskesmas dan Pustu terdekat. Ibu yang akan imunisasikan Balitanya disarankan menghubungi dulu Puskesmas jika kunjungannya ramai, untuk membuat perjanjian,” ujarnya.

“Keluarga dan petugas kesehatan wajib mematuhi protokol kesehatan, yaitu tetap pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak,” tutup Subowo. (*)