Bupati Sergai Hadiri Pembagian BALASA

Sabtu, 04 Juli 2020

INHILKLIK.COM, SERGAI, Bupati Sergai Ir H Soekirman hadiri pembagian Bantuan Lauk Pauk Siap Saji (BALASA) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sabtu (4/7)  Pukul : 09.00 WIB bertempat Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin.

Selain Bupati Sergai Ir H Soekirman, hadir juga Kadis Poraparbud Sudarno, S.Sos, Camat Pantai Cermin Aminuddin, S.Sos, Pemilik Objek Wisata, serta para undangan.

Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya menyampaikan rasa kesyukuran atas karunia Allah SWT kita dapat hadir pada kegiatan hari ini.

Didalam pariwisata, hal terpenting yang pertama adalah Transportasi, setiap orang tentu memerlukan kendaraan menuju objek wisata. Yang kedua akomodasi, yaitu orang yang berkunjung ke objek wisata tentu butuh makan dan minum. Serta yang ketiga adalah Atraksi, orang-orang melihat atraksi alam juga pertunjukan lainnya serta membeli aksesoris dari tempat wisata yang didatangi. 

Dari kesemuanya itu setiap komponen didalamnya memerlukan manusia yang menjalankannya, seperti sopir transportasi, pelayan dan koki yang memasak makanan, serta penjual aksesoris ditempat wisata tersebut. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 ini, semuanya terdampak. Banyak sopir, pelayan dan koki serta penjual aksesoris harus dirumahkan dan tidak berpenghasilan, bebernya.

Untuk itu, lanjut Bupati Soekirman, maka Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf memikirkan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19 tersebut dengan memberikan bantuan pada hari ini. Hal ini menunjukkan negara hadir dan memperhatikan masyarakatnya. Jangan Dihitung Apa Yang Diberikan Negara Kepadamu, Namun Hitunglah Apa Yang Telah Engkau Berikan Kepada Negaramu. 

Artinya jika negara mengingat masyarakat, tentu masyarakat juga harus mengingat negara. Antara lain dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan memasuki era New Normal ini, jangan diartikan bebas. Namun new normal adalah perekonomian kembali berjalan normal, namun kesehatan dan keselamatan masyarakat yang paling utama agar jangan sampai banyak jatuh korban akibat Pandemi Covid-19 ini, ujarnya lagi. 

Kemudian, tegas Bupati, menjelang Pilkada serentak tahun ini, diminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan, tidak mudah terprovokasi. ASN, TNI/Polri serta aparatur negara lainnya netral, perangkat desa menjadi penyejuk dalam kehidupan sehari-hari. 

Biarkan demokrasi berjalan dengan baik dan seadil-adilnya, agar rakyat dapat memilih pemimpin terbaik menurut keyakinannya. Hal ini nantinya akan menunjukkan kepada semua orang bahwa masyarakat Sergai memang Trendi, terkenal karena berfikiran modern serta memiliki wawasan yang luas, tambahnya. 


Saya, kata Soekirman, mengutip kalimat Menkopolhukam Mahfud MD pada persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 kemarin di Medan kemarin, bahwa memilih pemimpin hendaknya yang jujur, agar negara tidak hancur. Tetap jaga kekondusifan daerah karena dari sejak dimekarkan, di Kabupaten Sergai ini tidak pernah ada kaca yang pecah karena Pilkada, tutupnya.

Dalam laporan Kadis Poraparbud Sudarno, S.Sos mengatakan kegiatan bertajuk pemberian Bantuan Lauk Pauk Siap Saji (Balasa) Dukungan Untuk Pekerja Parekraf Terdampak Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020 ini merupakan kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Pemprovsu dan Polda Sumut.

Untuk Kabupaten Sergai sendiri menerima alokasi 623 paket untuk diserahkan kepada pelaku dan pekerja objek wisata yang ada di Kabupaten Sergai masing-masing berisi beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, tepung terigu 1 kg, gula pasir 1 kg, mie telur 2 pcs, paparnya.

(SA/*)