80.429 ODP di Riau Selesai Dipantau

Rabu, 15 Juli 2020

Foto Ilustrasi. (Internet)

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Virus Corona (Covid-19) Provinsi Riau mencatat sebanyak 80.429 warganya yang sebelumnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) kini telah menyelesaikan pemantauan masa inkubasi Covid-19.

"Total ODP di Riau ada sebanyak 84.293 orang. Dari jumlah tersebut, yang sudah selesai dilakukan pemantauan berjumlah 80.429 orang. Sedangkan yang masih dalam masa pemantauan masih 3.864 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Rabu (15/7/2020).

Mimi memberikan penjelasan, bahwa ODP yang dipantau di Riau jumlahnya masih ribuan karena setiap warga yang masuk ke Riau otomatis akan langsung masuk dalam daftar pemantauan tim gugus tugas.

"Setiap warga yang berasal dari luar daerah masuk ke Riau akan dilakukan pemantauan. Supaya cepat ketahuan apa bila warga tersebut menunjukkan gejala Covid-19," ujarnya. (MCR/PR)

Terakhir, Mimi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan. Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin dan istirahat yang cukup dan konsumsi vitamin yang cukup.

“Mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis. Jangan berstigma negative terhadap mereka. Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 076123810 dan tetap berdoa, Insya Allah kita akan melewati semua ini.  Semoga kita tetap sehat dan selalu berada dalam lindungan-Nya,” tandas Mimi.