Bupati Inhil: BUMDes Bersama Bukan Saingan PT KIG

Jumat, 24 Juli 2020

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati HM Wardan memimpin rapat Sinergitas  Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kamis (23/7/2020) sore di ruang rapat rumah Dinas Bupati.

Rapat ini turut dihadiri Asisten II, beberapa Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Inhil, Pendamping Fasilitator Kabupaten Program DMIJ, Perwakilan dari BMUD diantaranya PT KIG, Dirut PDAM dan Perwakilan BPR.

Rapat ini membahas tentang pembentukan BUMDes bersama yang diharapkan bisa mengkoordinir semua BUMDes yang ada di setiap Desa yang ada di Inhil serta menjalin hubungan kerjasama dengan PT KIG sehingga saling mendukung untuk kegiatan BUMDes. 

Bupati HM Wardan dalam arahannya mengatakan bahwa BUMDes merupakan bagian dari DMIJ Plus Terintegrasi. Dimana saat ini belum berfungsi secara maksimal. 
Beliau juga mengatakan, bahwa BUMDes bersama bukan saingan PT KIG tapi harus saling mendukung untuk memajukan BUMDes yang ada. Untuk itu, BUMDes bersama harus mendukung PT KIG.

"Maka dari itu, diharapkan BUMDes dan Unit usaha lainnya membuat turunan dari berbagai potensi yang dimiliki Inhil. Ini mengingat Kabupaten Inhil memiliki Potensi di bidang perkebunan dan perikanan," imbuhnya. 

Terakhir beliau berharap kepada masyarakat agar tidak lagi menjual kelapa bulat. Namun, mengolahnya dan BUMDes siap membantu masyarakat untuk memasarkan produk tersebut. (Rls)