Permintaan Ekspor Meningkat, Harga Sawit Riau Naik Pekan Ini

Rabu, 09 September 2020

PEKANBARU - Harga kelapa sawit periode 9 – 15 September mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 106,81/Kg dari harga minggu lalu.

Kepala dinas perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, dengan kenaikan harga tersebut, harga pembelian kelapa sawit petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2,046,48/Kg. Kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.


"Untuk faktor internal, naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data," katanya.


Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan harga sebesar Rp. 421,41/kg, Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 464,00/Kg, PT. Astra Agro mengalami kenaikan harga sebesar Rp. 960,00/kg, PT. Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 451,46/Kg.


"Sementara dari faktor eksternal, kenaikan harga TBS minggu ini karena  kenaikan harga CPO ini mendapat sentimen positif dari pergerakan harga minyak nabati global. Kemudian juga adanya peningkatan permintaan ekspor dari Cina dan India," jelasnya. (MCR)