DPAD Inhil Wacanakan 1 Desa 1 Perpustakaan

Rabu, 09 September 2020

Kepala DPAD Inhil, Yulizal

TEMBILAHAN - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Inhil berhasil membawa salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu SMKN 1 Tembilahan menjadi juara dua pada Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA sederajat se-Provinsi Riau.

Atas prestasi yang telah diraih itu, DPAD Inhil pun akan mengikutsertakan lomba perpustakaan tingkat SD/MI, SLTP/MTs, SLTA/MA dan Perpustakaan Desa.

Tidak hanya itu, seperti yang disampaikan Kepala DPAD Inhil, Yulizal, bahwa DPAD akan mengusulkan kepada Pemkab Inhil agar memprogramkan Satu Desa Satu Perpustakaan.

Hal itu, dikatakannya untuk mengentaskan buta aksara dan meningkatkan minat baca masyarakat.

"Kita juga berkomitmen untuk memajukan perpustakaan, dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Karenanya, kita harapkan kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak agar keberadaan pustaka sebagai gudangnya ilmu dan informasi ini bisa terus berkembang dan lebih baik," imbuhnya.

Yulizal juga menyatakan sangat mengapresiasi keberhasilan SMKN 1 Tembilahan, yang berhasil meraih juara dua pada Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA sederajat se-Provinsi Riau.

"Lomba Perpustakaan Tingkat SLTA ini, merupakan wujud dorongan Pemerintah Provinsi terhadap minat baca, literasi dan perpustakaan di Provinsi Riau. SMKN 1 yang berhasil meraih juara kedua ini, tentunya membawa prestasi dan kebanggaan bagi masyarakat Inhil," tuturnya.

Dijelaskan Yulizal, pentingnya peranan perpustakaan sekolah dalam pembentukan SDM siswa. Perpustakaan sekolah yang unggul dan menarik akan mampu menumbuhkan jiwa baca, kritis dan karakter ingin tahu siswa.