IPSI Sergai Siapkan Atlet Silat Menuju PORKAB Hingga PON 2024

Ahad, 17 Januari 2021

INHILKLIK.COM, SERGAI, - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Serdang Bedagai bersama Perguruan Silat Garuda Sakti menggelar "Try Out", di Padepokan Pencak Silat Indonesia di Pantai Silat Bertuah Dusun I Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), Minggu (17/1/2020) pagi.

Ketua pelaksana Siti Aminah Br Saragih menjelaskan
Uji coba (Try Out) silahturahmi antar perguruan pencak silat di hadiri 300 pesilat yang di ikuti 7 perguruan silat diantaranya, Perguruan Silat Garuda Sakti, Perguruan Silat Pentas, Perguruan Silat Walet Putih, Perguruan Silat Kocima, Perguran Tapak Suci, Perguruan Silat Salam dan Perguruan Silat PSHT, paparnya.

Sesepuh perguran silat Garuda Sakti dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bersusah payah untuk mengadakan silaturahim ini yang akan kita adakan pada hari ini. "Semoga diberi kesehatan terima kasih kepada semua peserta,"ujarnya.

Selanjutnya dirinya mengimbau untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan silat yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai. Pada kesempatan ini akan ada pertandingan antar remaja dan remaja dewasa dalam pertandingan ini kita menjaga aturan tata tertib yang ada karena ini adalah uji coba, kita ingin melihat sampai di mana kemampuan kita, bilangnya.

Seterusnya dari sinilah kita mulai mempersiapkan diri kita sehingga apa yang kita peroleh dari sini ini akan menjadi pegangan kita untuk kegiatan kegiatan selanjutnya supaya kita semua nanti dalam pertandingan menjaga aturan atau tata tertib yang sebenarnya tidak ada yang juara di sini kita menunjukkan prestasi yang baik dalam serangan tangkapan dan sebagainya dalam menghadapi lawan dengan demikian agar menjadi atlet atlet berbakat.

"Dari sini kita mulai belajar ini bukan belajar bagaimana cara mempertahankan diri tapi dengan cara yang sportif yang menurut aturan IPSI agar silat yang ada di tempat kita lebih maju,"tutupnya.

Pada kesempatan itu Ketua KONI Kabupaten Serdang Bedagai, Aspul A Lubis dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan try out (uji coba), dan silahturahmi antara perguruan pencak silat di kabupaten Serdang Bedagai. Hadir juga pesilat dari Kabupaten Deliserdang dan Kotamadya Tebing Tinggi ini adalah motivasi bagi pesilat IPSI Sergai untuk meraih prestasi menuju PON 2024 Sumut dan Aceh. 

"Mudah mudahan IPSI Serdang Bedagai bisa menyumbangkan Atlet nya nantinya sampai ke PON 2024,"harapnya.

Sementara itu, Ketua IPSI Kabupaten Serdang Bedagai Irwan, SH kepada awak media menjelaskan yang pertama uji coba ini merupakan silahturahim pesilat yang selama ini sudah lama dan melakukan latihan kembali. Karena latihan ini harus lebih di tingkatkan, kemudian
memotivasi pesilat untuk memperbaiki yang sudah ada.

"Bulan September mendatang akan ada Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) menuju PON 2024, dan nantinya di harap ada atlit pesilat Kabupaten Sergai bisa masuk mengikuti pertandingan hingga ke PON 2024," bilangnya. 

Ketua IPSI Sergai berharap,
kepada atlet pesilat agar  meningkatkan prestasi latihan baik di padepokan bisa dilakukan seminggu sekali termaksud seluruh perguruan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai ini.

"Cintailah silat sebagai mana para pencetus sesepuh kita pejuang kita dan para pendekar kita yang betul betul memajukan pesilat ini sampai ke tingkat dunia dan saya ingin silat ini lebih maju lagi karena itu kita buat di sini padepokan  silat Indonesia,"cetusnya.

Irwan juga menambahkan, sebenarnya kalau tidak karena adanya virus corona ini kemungkinan seluruh perguruan silat akan datang kesini, dan pada saat ini ada 15 perguruan silat yang ikut hadir di acara ini, ujarnya mengakhiri.

Hadir pada acara Try Out itu, Ketua KONI Serdang Bedagai, Aspul A Lubis, Ketua IPSI Sergai Irwan, SH dan berbagai perguruan silat.