Terumbu Mabloe, Destinasi Baru Wisata di Inhil

Senin, 15 Februari 2021

Pantai Terumbu Mabloe. (Foto: PWI Inhil)

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Selain Pantai Solo di Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah, ternyata Kabupaten Inhil juga memiliki pantai lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Namanya Pantai Terumbu Mabloe, letaknya tidak begitu jauh dari Kota Tembilahan. Tepatnya di Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra).

Untuk sampai ke pantai ini, menghabiskan waktu perjalanan sekitar 45 sampai 60 menit menggunakan speedboat dari Kota Tembilahan.

Jika menggunakan transportasi umum biayanya sekitar 65 ribu rupiah atau 130 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi.

Secara karakteristik, pantai Terumbu Mabloe sama persis dengan Pantai Solop, pantainya merupakan pantai sersah yang berasal dari fosil-fosil biota laut yang hancur dan membentuk hamparan dan dikelilingi oleh hutan mangrove seperti bakau, kayu api-api, perepat dan berbagai jenis kayu lainnya.
Pengurus PWI Inhil foto bersama di Pantai Terumbu Mabloe.
Bedanya, pantai Terumbu Mabloe masih sangat minim infrastruktur mahkan bisa dikatakan nol. Sedangkan pantai solop memiliki infrastruktur wisata yang mempuni dan sudah sekian lama dikembangkan sejak era Bupati Rusli Zainal.

Dari Desa Sungai Bela, letak Pantai Terumbu Mabloe hanya berjarak sekitar 800 meter, hanya saja terpisah oleh sungai dan belum ada jembatan untuk jalur darat.

Kini pantai Terumbu Mambloe menjadi perincangan hangat pasca dijadikan sebagai tuan rumah dan lokasi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Inhil pada 9 Februari lalu.