Presiden Jokowi Ingatkan Kembali Copot Pangdam-Kapolda yang Gagal Atasi Karhutla

Senin, 22 Februari 2021

Presiden Joko Widodo

INHILKLIK.COM JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mewanti-wanti Pangdam hingga Kapolda untuk serius mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jokowi mengingatkan aturan main yang telah disepakati sejak 2016.

"Setiap tahun sejak 2015, kejadian kebakaran besar kita rutin melakukan pertemuan seperti ini tujuannya apa untuk mengingatkan baik kepada para gubernur, bupati, wali kota, Pangdam, Danrem, Dandim, Kapolda, Kapolres terutama ini terutama jika ada pejabat-pejabat yang baru, yang berada di daerah-daerah yang rawan bencana kebakaran sekali lagi ini untuk mengingatkan agar tidak lupa pada aturan main yang sudah kita sepakati di 2016," kata Jokowi dalam rapat koordinasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/2/2021).

"2016 kita punya kesepakatan, kesepakatan nya adalah bagi Pangdam dan Kapolda, Kapolres danrem dan dandim yang baru agar tahu dan aturan mainnya masih tetap sama. Kalau jadi kalau di wilayah saudara-saudara ada kebakaran dan membesar dan tidak tertangani dengan baik aturan mainnya tetap sama, belum saya ganti," sambung Jokowi.

Jokowi meminta langkah penanganan konkret di wilayah yang rawan musibah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jokowi mencontohkan dampak karhutla tahun 2015.

Provinsi Riau kala itu menjadi salah satu daerah terdampak paling parah karhutla yang asapnya sampai ke negara Singapura. Jokowi yang hendak ke Riau, harus turun di Padang dan melanjutkan perjalanan darat selama 8 jam.

"Saya ingat betul, di 2015 saya mau ke Riau, Pekanbaru, turunnya di Padang. Seingat saya mungkin 8 jam lewat darat. Saya juga ingat di tahun 2015, ketika saya akan ke Pulang Pisau di Kalteng, saya turun di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, lewat darat. Seingat saya berapa? Empat jam. Ini jangan sampai kejadian lagi," kata Jokowi.

Kali ini, Jokowi memuji Pemprov Riau yang menetapkan status siaga darurat karhutla. Status ini diperlukan untuk proses administrasi penanganan bencana.

"Disampaikan Bapak Menko Polhukam, Provinsi Riau telah menetapkan status siaga darurat terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan. Ini bagus. Bersiap-siap, jangan sampai nanti administrasinya, payung hukum belum siap, kebakaran sudah membesar, mau melakukan sesuatu, nggak ada payung hukumnya," ujar Jokowi.

"Gubernur Riau benar, didahului dulu, karena Riau memang termasuk kebakaran hutan dari pengalaman lalu-lalu, angkanya lebih tinggi dibandingkan provinsi yang lain," tambahnya.

Jokowi mengingatkan Pulau Sumatera berpotensi terjadi karhutla mulai bulan Februari. Sedangkan sebagian Kalimantan dan Sulawesi pada periode Mei-Juli.

"Pada bulan Februari ini, Pulau Sumatera berpotensi terjadi karhutla, karena di Sumatera panasnya sudah agak tinggi. Pada bulan Mei hingga Juli, sebagian Kalimantan dan Sulawesi juga berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan. Puncaknya di bulan Agustus-September, kita harus betul-betul tahu puncaknya kapan sehingga kita tahu persiapannya apa, dimulai dari sekarang," ucap Jokowi. (AS)