Jangan Pinjamkan 5 Hal Ini Dengan Orang Lain, Biarin Kamu Dibilang Pelit!

Jumat, 26 Februari 2021

Ilustrasi

INHILKLIK.COM - Menjadi makhluk sosial tentunya menuntut kita agar bersikap baik dengan orang lain, di antaranya dengan menolong mereka tatkala kesulitan. Akan tetapi, walaupun niatnya baik, tetap saja harus ada batasan.

Contohnya meminjamkan hal-hal di bawah ini, karena ke depannya malah bisa merugikan dirimu sendiri.

1. Meminjamkan nama untuk pengajuan utang orang lain

Ini penting banget untuk kamu perhatikan. Mau dia teman dekat ataupun saudara, hindari deh meminjamkan nama untuk utang orang lain, dengan meminjamkan KTP kamu atau hanya sekedar menjadi referensi orang dekat ketika orang lain mengajukan pinjaman. Karena nama kamu akan terus melekat pada pinjaman tersebut, meskipun bukan kamu yang meminjam.

Ada banyak kerugian yang bisa kamu alami akibat meminjamkan namamu. Misalnya, kalau orang yang kamu pinjami itu bukan tipe pembayar utang tepat waktu, kamu yang jadi ditagih oleh pihak kreditur. Bahkan untuk kasus peminjaman uang, jika orang yang meminjam tak kunjung membayar, kamu bisa masuk daftar hitam Bank Indonesia, hingga dipanggil di pengadilan. Serem banget kan?

Andaikan orang itu marah karena kamu menolak meminjamkan namamu, ya sudah, itu urusan dia. Kamu punya hak kok untuk menolak. Jangan karena merasa gak enak, malah kamu yang pusing nantinya. Kejadian seperti ini sudah banyak soalnya.

2. Meminjamkan kartu kredit

Misalnya, teman minta bayarin cicilan nol persen dari HP yang ia beli dengan kartu kredit kamu. Selanjutnya, temanmu itu akan mencicil tiap bulannya ke rekening kamu.

Memang sih, ada orang yang bertanggung jawab selalu mencicilnya tepat waktu sampai lunas. Bersyukurlah yang pernah menemukan tipe orang jujur seperti ini.

Tapi banyak pula yang kena apes. Orang lain yang beli barang, kamu yang harus bayar karena teman kamu itu lepas tanggung jawab. Kalau udah gini, mau protes ke mana? Karena kartu kreditnya kan atas nama kamu.

3. Meminjamkan bukti kepemilikan aset

BPKB motor atau mobil, surat tanah atau rumah, hingga SK PNS atau pensiunan, jaga baik-baik! Jangan dipinjamkan dengan alasan apa pun. Karena surat-surat itu sangat berharga, bisa dijual atau digadaikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Foto selfie dengan KTP

Saat ini proses verifikasi online banyak menggunakan selfie dengan KTP. Usahakan saat mengambil selfie, jangan menggunakan HP orang lain. Gunakan HP sendiri untuk menjamin data kamu tidak disalahgunakan.

5. Rekening bank

Meminjamkan nomor rekening kamu supaya teman kamu bisa menerima transferan, juga berisiko. Sebaiknya mulai sekarang hindari ya. Karena nomor rekening kamu bisa disalahgunakan untuk transfer uang hasil penipuan atau hasil kejahatan lainnya. Ribet kan kalau kamu gak tahu apa-apa tapi harus berurusan dengan polisi?

Menolong orang lain memang diharuskan. Tapi untuk poin-poin di atas, kamu harus bersikap tegas. Bukan paranoid atau pelit, tapi telah banyak kejadian pertemanan jadi rusak, hubungan keluarga jadi hancur akibat urusan pinjam-meminjam hal di atas.

Nah, menurut kamu hal apa lagi yang sebaiknya tidak dipinjamkan ke orang lain selain kelima hal tadi?