Kepala DLHK Inhil Apresiasi Kehadiran Bank Sampah di Tembilahan

Selasa, 23 Maret 2021

INHILKLIK.COM - Kehadiran Bank sampah di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), membuat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mengapresiasi dan merasa senang.

Diketahui sebuah Bank Sampah Cendekia (BSC) milik Yayasan Cendekia Madani hadir di tengah-tengah kota Tembilahan tepatnya di Jalan Sudirman (Dam Parit 13).

Ketua BSC, Zulfadil mengatakan kedepan bank tersebut akan di bentuk hingga ke pelosok desa, dengan cara mengumpulkan sampah-sampah non organik agar bisa dimanfaatkan kembali.

"Sembari kami terus membenahi BSC ini, kedepannya kami juga akan bentuk di setiap desa dan kecamatan yang ada di Inhil. Maka dari itu mari sama-sama menjaga kebersihan dan memanfaatkan barang bekas yang ada agar berdaya guna," tuturnya. 

Kepala DLHK Inhil Ilyanto sangat mengapresiasi keberadaan Bank sampah tersebut. 

"Alhamdulillah bank sampah sudah ada di Tembilahan, kami dari Dinas LHK sangat mengapresiasi bank sampah yang pembentukannya dimotori oleh masyarakat melek dan peduli akan lingkungan hidup," kata Ilyanto, Selasa (23/3/2021). 

Ia akan mendukung dan mendorong gebrakan Bank Sampah yang ada di Inhil demi mengatasi permasalahan sampah. 

"Harus kita dukung dan sinergikan, karena bank sampah ini juga program nasional yang tujuannya memotivasi masyarakat untuk mengurangi sampah. Tentunya ada proses pemilihan sampah, sampah apa yang bisa ditabung dan bernilai ekonomis, sampah apa yang bisa dijadikan pupuk dan sampah apa yang harus dibuang ke TPA," jelasnya. 

Lebih lanjut Ilyanto katakan, dengan adanya Bank Sampah Cendekia ini diharapkan kesadaran masyarakat untuk menabung sampah semakin tergugah. Hal ini pun juga secara otomatis akan membiasakan masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah sendiri. 

“Saya berharap ini adalah upaya berkelanjutan untuk menangani masalah sampah di Tembilahan. Dengan adanya Bank Sampah ini ayo bersama menabung sampah, lingkungan bersih dan mendapat berkah,” pungkasnya. (*)