Potret Kolam Mewah Kerajaan Majapahit, Ditemukan Usai Ratusan Tahun Tertimbun Lahar

Jumat, 26 Maret 2021

INHILKLIK.COMSejarah bangsa Indonesia memang sangat menyenangkan untuk dibahas. Apalagi soal peninggalan-peninggalan yang cukup banyak ditemukan di zaman modern ini. Terbaru adalah kolam mewah peninggalan Kerajaan Kediri-Majapahit.

Kolam mewah ini ditemukan usai tertimbun ratusan tahun oleh lahar. Usai ekskavasi pada tahap ketiga selesai, kolam peninggalan Kerajaan Kediri-Majapahit ini pun mulai terlihat kemegahannya. Penasaran dengan kemegahan kolam mewah peninggalan Kerajaan Kediri-Majapahit?

Melansir dari akun YouTube JOIN Media, Jumat (26/3), simak ulasan informasinya berikut ini.

Peninggalan Kerajaan Kediri-Majapahit

Sisa peninggalan sejarah Bangsa Indonesia kembali ditemukan. Kali ini situs tersebut ditemukan di Jombang, Jawa Timur. Peninggalan sejarah ini lantas diberi nama Situs Sumberbeji.

potret kolam mewah kerajaan kediri majapahit

YouTube @JOIN Media ©2021 Merdeka.com

Situs ini diketahui merupakan peninggalan Kerajaan Kediri-Majapahit. Bukan candi ataupun rumah, situs tersebut adalah sebuah kolam mewah yang cukup besar.

Kolam Mewah

Kolam mewah ini akhirnya ditemukan di zaman modern sekarang ini. Peninggalan itu rupanya telah tertimbun selama ratusan tahun oleh lahar. Sebelum memperlihatkan wujudnya, warga sekitar bergotong royong melakukan penggalian.

potret kolam mewah kerajaan kediri majapahit

YouTube @JOIN Media ©2021 Merdeka.com

Ekskavasi pun dilakukan selama berminggu-minggu, mengingat besarnya kolam mewah tersebut. Kini, lantai kolam yang diduga digunakan oleh keluarga kerajaan juga telah ditemukan.
 

Ditemukan Dua Bilik

Upaya penggalian itupun juga membuat peninggalan lainnya ditemukan. Selain kolam mewah, warga telah berhasil menemukan dua bilik di sebelah timur.

potret kolam mewah kerajaan kediri majapahit

YouTube @JOIN Media ©2021 Merdeka.com

Di mana masing-masing berada di sisi utara dan selatan. Warga juga diketahui berhasil menemukan pancuran air di sekitar peninggalan Kerajaan Kediri-Majapahit.
 

Ditemukan Pecahan Keramik & Gelang

Belum berhenti di situ, warga yang melakukan ekskavasi juga menemukan puing-puing peninggalan sejarah lainnya. Kali ini, mereka menemukan pecahan gerabah dan keramik dari masa Dinasti Yuan.

potret kolam mewah kerajaan kediri majapahit

YouTube @JOIN Media ©2021 Merdeka.com

Benda-benda lainnya juga turut ditemukan. Termasuk di antaranya benda yang terbuat dari perunggu. Salah satunya yakni gelang emas. Sejumlah benda bersejarah tersebut lantas dibersihkan dari sisa-sisa lahar. Kemudian diamankan oleh petugas situs tersebut.
 

Video Kolam Mewah Kerajaan Kediri-Majapahit

Berikut video kolam mewah peninggalan Kerajaan Kediri-Majapahit.

 

 

[*)