Menkes: Vaksinasi Jangan Membuat Euforia, Tetap Waspada Lonjakan Kasus Covid-19

Selasa, 20 April 2021

INHILKLIK.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat jangan lengah meskipun sudah mendapat vaksinasi covid-19 secara lengkap. Semua harus tetap waspada lonjakan kasus aktif covid-19.

Menkes Budi mencontohkan tiga negara Asia yang sedang tinggi lonjakan kasusnya. Masing-masing adalah India, Filipina, dan Papua Nugini.

"Saya ingatkan di sini teman-teman bahwa jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita tidak waspada. Jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita euforia. Kita tetap harus menjaga protokol kesehatan," kata Menkes Budi dalam unggahan video di kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Selasa (20/4/2021).

Ia menambahkan, semua orang wajib terus memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, jangan sampai program vaksinasi covid-19 yang sudah berjalan dan program pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro hanya menjadi sia-sia.

"Jangan sampai kita menjadi tidak waspada, membuat kita menjadi tidak hati- hati, karena lonjakan bisa terjadi lagi," katanya. 

Menkes Budi menyatakan sangat sedih kalau usaha keras yang sudah dilakukan menjadi sia-sia karena terjadi lonjakan kasus aktif covid-19. Ia menekankan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Patuhi protokol kesehatan. Kami terus melakukan vaksinasi para lanjut usia sampai Lebaran nanti," tegasnya. (*)