Virus Corona Bisa Jadi Musuh Permanen & Pandemi Bisa Berlangsung Selamanya

Rabu, 28 April 2021

Pasien Covid-19 di India dirawat dalam bajaj. ©REUTERS/Amit Dave

INHILKLIK.COM - Selama setahun terakhir, sebuah asumsi - kadang terang-terangan, kadang samar - telah menginformasikan kita terkait pandemi: Pada titik tertentu, ini akan berakhir, dan kemudian kita akan "kembali normal".

Premis ini hampir pasti salah. Virus corona dengan nama ilmiah SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, bisa menjadi musuh permanen kita, seperti flu tapi lebih buruk. Dan bahkan jika itu pada akhirnya mereda, hidup dan rutinitas kita pada saat itu akan berubah secara permanen. "Kembali" tidak akan menjadi pilihan; satu-satunya jalan adalah maju.

Sebagian besar epidemi menghilang begitu populasi mencapai kekebalan kawanan dan patogen memiliki terlalu sedikit tubuh rentan yang tersedia sebagai inang untuk berkembang biak sendiri. Perlindungan kawanan ini terjadi melalui kombinasi kekebalan alami pada orang yang telah pulih dari infeksi dan vaksinasi populasi yang tersisa.

Dalam kasus SARS-CoV-2, perkembangan terbaru memperkirakan mungkin kita tidak pernah mencapai kekebalan kawanan. Bahkan di AS, yang memimpin sebagian besar negara lain dalam hal vaksinasi dan telah melalui wabah besar, tidak akan sampai ke sana. Itulah hasil analisis Christopher Murray dari Universitas Washington dan Peter Piot di London School of Hygiene and Tropical Medicine, dikutip dari laman Bloomberg, Selasa (27/4).

Alasan utamanya adalah munculnya varian baru yang berperilaku hampir seperti virus baru. Uji coba vaksin klinis di Afrika Selatan menunjukkan bahwa orang-orang dalam kelompok plasebo yang sebelumnya telah terinfeksi satu jenis tidak memiliki kekebalan terhadap keturunannya yang bermutasi dan menjadi terinfeksi kembali. Ada laporan serupa dari beberapa wilayah Brasil yang mengalami wabah besar-besaran dan kemudian mengalami epidemi baru.

Vaksinasi dan varian baru virus corona

varian baru virus corona rev1

Hal ini hanya menyisakan vaksinasi sebagai jalan menuju kekebalan kawanan yang bertahan lama. Dan memang, beberapa vaksin yang tersedia saat ini masih cukup efektif melawan beberapa varian baru. Namun seiring waktu mereka akan menjadi tidak berdaya melawan mutasi yang akan datang.

Tentu saja, pembuat vaksin dengan tergesa-gesa membuat suntikan baru. Secara khusus, inokulasi yang didasarkan pada teknologi mRNA revolusioner dapat diperbarui lebih cepat daripada vaksin mana pun dalam sejarah. Tapi serum tetap perlu dibuat, dikirim, didistribusikan dan disuntikkan.

Dan proses itu tidak bisa berlangsung cepat, atau mencakup seluruh planet yang luas ini. Beberapa dari kita mungkin memenangkan satu atau dua putaran regional melawan virus, dengan memvaksinasi satu populasi tertentu - seperti yang telah dilakukan Israel, misalnya.

Tetapi evolusi tidak peduli di mana ia bekerja, dan virus bereplikasi di mana pun ia menemukan tubuh yang hangat dan tidak divaksinasi dengan sel yang memungkinkannya mereproduksi RNA-nya. Saat menyalin dirinya sendiri, sesekali virus membuat kesalahan pengkodean. Dan beberapa dari kesalahan kebetulan itu berubah menjadi lebih banyak mutasi.

Varian virus ini bermunculan di mana terjadi banyak penularan. Varian Inggris, Afrika Selatan, dan setidaknya satu varian Brasil cukup terkenal, tetapi ada juga laporan tentang kerabat varian ini yang muncul di California, Oregon, dan tempat lain. Jika kita mengurutkan sampel di lebih banyak tempat, kita mungkin akan menemukan lebih banyak kerabat.

Oleh karena itu, kita harus berasumsi bahwa virus tersebut telah bermutasi dengan cepat di banyak negara miskin yang sejauh ini tidak menerima suntikan sama sekali, bahkan jika populasi mereka yang masih muda dapat mengendalikan kematian dan dengan demikian menutupi tingkat keparahan wabah lokal. Bulan lalu, Sekjen PBB Antonio Guterres, mengingatkan dunia bahwa 75 persen dari semua vaksinasi telah dilakukan hanya di 10 negara, sementara 130 negara lainnya tidak menggunakan satupun jarum suntik.

Dua jalur evolusi

Evolusi patogen tidak mengejutkan atau secara otomatis mengkhawatirkan. Salah satu pola yang sering terjadi adalah serangga dari waktu ke waktu menjadi lebih menular tetapi tidak begitu mematikan.

Lagi pula, tidak membunuh inang terlalu efisien memberikan keuntungan dalam seleksi alam. Jika SARS-CoV-2 mengikuti rute ini, pada akhirnya penyakit itu hanya akan menjadi flu biasa.

Tapi bukan itu yang baru-baru ini terjadi. Varian yang kita ketahui menjadi lebih menular, tetapi tidak kurang mematikan. Dari sudut pandang epidemiologi, itu adalah berita terburuk.

Pertimbangkan dua jalur evolusi alternatif. Di satu sisi, virus menjadi lebih parah tetapi tidak lebih mudah menular. Ini akan menyebabkan lebih banyak penyakit dan kematian, tetapi pertumbuhannya linier. Di jalur lain, virus yang bermutasi menjadi tidak lebih atau kurang ganas tetapi lebih menular.

Ini akan menyebabkan peningkatan penyakit dan kematian yang bersifat eksponensial daripada linier. Adam Kucharski dari London School of Hygiene and Tropical Medicine menjelaskan perhitungannya di sini.

Jika ini adalah lintasan evolusi SARS-CoV-2, kita berada dalam siklus wabah dan remisi yang tampaknya tak ada habisnya, pembatasan dan relaksasi sosial, lockdown dan pembukaan kembali. Setidaknya di negara-negara kaya, kita mungkin akan divaksinasi beberapa kali setahun, terhadap varian terbaru yang beredar, tetapi tidak pernah cukup cepat atau cukup komprehensif untuk mencapai kekebalan kelompok.

Brave New World

Dalam sapuan besar sejarah, Covid-19 masih merupakan pandemi yang relatif ringan. Cacar membunuh sembilan dari 10 penduduk asli Amerika setelah Spanyol membawanya ke Amerika pada abad ke-16.

Black Death atau wabah pes membunuh sekitar setengah dari populasi Mediterania ketika pertama kali datang ke Eropa pada abad keenam. Di seluruh dunia, sejauh ini virus corona telah membunuh kurang dari empat dari 10.000 orang. Dan dengan sains dan teknologi, kita memiliki senjata, tidak seperti nenek moyang kita dulu.

Tapi kita juga harus realistis. Ketahanan menuntut kita memasukkan skenario baru ini ke dalam perencanaan.

Kabar baiknya adalah kita terus menanggapi dengan lebih baik. Dalam setiap lockdown, misalnya, kerugian ekonomi lebih sedikit dari yang sebelumnya. Dan kita dapat mencapai terobosan ilmiah yang pada akhirnya akan membuat hidup lebih baik. Brave New World kita tidak perlu menjadi distopia. Tapi itu tidak akan terlihat seperti dunia lama. (*)