8 Cara Ampuh Jaga Kesehatan Pencernaan pada Bulan Ramadan

Ahad, 02 Mei 2021

INHILKLIK.COM - Pada bulan Ramadan seperti sekarang, kesehatan perut merupakan hal yang harus diperhatikan. Hal ini bisa sangat berpengaruh pada kelancaran ibadahmu serta kesehatan secara keseluruhan.

Pada saat berpuasa seperti sekarang, perut bakal kosong selama kurang lebih 12 jam. Makanan yang pertama kamu konsumsi saat berbuka bisa menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan.

Terjadinya gangguan pencernaan ini tentu bukan merupakan hal yang diinginkan. Pasalnya, ibadah puasa yang kamu lakukan bisa terganggu.

Untuk mencegah munculnya gangguan pencernaan pada tubuh, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara cegah gangguan pencernaan.

Konsumsi Sayur dan Serat

Saat puasa, jangan lupa untuk mengonsumsi banyak sayuran yang kaya serat sehat seperti buncis, dedaunan hijau, atau brokoli. Serat akan membersihkan sistem pencernaanmu dan membuatmu terhindar dari sulit BAB.

Konsumsi Buah

rev1

Selain sayur, kamu juga harus banyak makan buah. Karena buah juga tinggi serat dan kaya air yang bisa menghidrasi tubuhmu dengan baik.

Konsumsi Olahan Gandum

Tak hanya sayur dan buah saja yang kaya serat, gandum juga mengandung serat. Mengonsumsi gandum atau beras merah saat puasa bisa menghindarkanmu dari sembelit.

Konsumsi Lemak Sehat

sehat rev1

Kamu tetap butuh lemak saat puasa. Namun, pilihlah produk hewani yang rendah lemak atau mengandung lemak sehat dan tinggi protein yang bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi Probiotik

Probiotik merupakan hal yang diperlukan untuk tubuh agar usus tetap sehat. Kandungan menyehatkan ini bisa kamu peroleh dari yogurt.

Konsumsi Kurma

8 cara ampuh jaga kesehatan pencernaan pada bulan ramadan

Kurma merupakan sumber makanan yang kaya serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Semuanya berfungsi untuk menjaga tubuh dan kesehatan pencernaan selalu sehat di saat puasa.

Konsumsi Almond

Berbuka denga kacang almond juga mampu mendukung kesehatan pencernaanmu. Pasalnya, almond kaya dengan protein, serat, serta mengandung lebih sedikit lemak.

Banyak Minum Air

air

Terakhir, jangan lupa untuk banyak minum air atau jus buah segar. Selain bisa menghidrasi tubuhmu dengan baik, minum banyak air juga akan mendukung kesehatan pencernaan sehingga terhindar dari konstipasi.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaanmu. Kondisi pencernaan yang sehat bisa membantu dirimu terhindar dari gangguan kesehatan yang menyebalkan.  (*)