Dukung Lebaran Virtual, Menkominfo Jamin Koneksi Internet Stabil

Rabu, 05 Mei 2021

Menkominfo Johnny G Plate.

INHILKLIK.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika, Jhonny G Plate, memastikan kapasitas transmisi koneksi internet atau bandwidth jelang hari raya Idul Fitri. Jhonny mengatakan, hal itu dilakukan agar silaturahmi virtual yang dilakukan masyarakat berlangsung lancar.

Dia menyampaikan demikian karena pemerintah mengeluarkan kebijakan melarang mudik. Ia menyebut pemerintah berupaya menyiapkan sarana infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bandwidth yang cukup.

"Kami akan menyiapkan bandwidth yang cukup agar masyarakat bisa berkomunikasi secara virtual," kata Johnny dalam diskusi Forum Medan Merdeka Barat secara daring, Rabu 5 Mei 2021.

Menurut dia, pihaknya telah berbicara dengan operator seluler. Kata Jhonny, silaturami pun tetap khidmat meski tak bertatap muka atau bertemu secara fisik.

"Gantikan kegiatan itu dengan silaturahmi secara virtual melalui ruang digital yang saat ini sudah marak dipergunakan dalam berbagai kesempatan," kata dia.

Kemudian, ia bilang pada tahun ini dicanangkan lebaran digital. Dia menyampaikan demikian karena pandemi COVID-19 masih jadi ancaman.

Ia mengingatkan jangan sampai ada persepsi dan kesan COVID-19 itu biasa-biasa saja dan tidak berbahaya. Menurutnya, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah melawan dengan menerapkan protokol kesehatan atau prokes.

"Kali ini kita melaksanakan hari raya dengan cara yang meriah tetapi dalam keluarga kecil kita," ujar dia. (*)