Antar Jemput Lansia Demi Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Sabtu, 29 Mei 2021

Anggota Babinkhamtibmas Polres Inhil mengantar jemput lansia untuk di vaksin Covid-19.

INHILKLIK.COM - Vaksinasi Covid-19 memang sudah dimulai di Indonesia, namun baru beberapa kelompok rentan terlebih dahulu yang diutamakan untuk menerima vaksin Covid-19, salah satunya adalah lansia. Lansia memang memiliki risiko kematian akibat Covid-19 tertinggi dengan rasio fatalitas kasus sebesar empat kali lipat lebih tinggi.

Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid., belum lama ini menjelaskan akan ada sekitar 21 juta orang yang termasuk kategori lansia yang akan menjadi sasaran program vaksinasi tahap kedua. Yang mengkhawatirkan, sekitar 50 persen dari seluruh kematian akibat Covid-19 terjadi pada lansia. Padahal jumlah lansia hanya 12 persen dari total kasus Covid-19. 

Polres Inhil Sukseskan Vaksinasi Lansia

Polres Indragiri Hilir (Inhil) pada Rabu (19/05/2021) lalu mengerahkan seluruh Bhabinkamtibmas di masing-masing Polsek jajaran untuk membantu percepatan proses vaksinasi lansia di Kabupaten Inhil. Diketahui, di beberapa Puskesmas Kecamatan hari itu melaksanakan vaksinasi Covid 19 tahap 1 bagi lansia di wilayah Inhil.

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan SH SIK M.Hum melalui Paur Humas Ipda Esra SH menyampaikan guna mendukung program pemerintah dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi para lanjut usia, Polsek jajaran Polres Inhil melalui Bhabinkamtibmas melakukan door to door untuk mengantar dan menjemput lansia dari dan pulang ke rumah masing-masing menuju ke tempat pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas terdekat.

"Vaksinasi ini merupakan tahap 1 bagi lansia yang ada di Kecamatan ada juga yang sudah memasuki tahap kedua," ujarnya.

Ipda Esra menjelaskan kegiatan vaksinasi ini merupakan program pemerintah guna menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Riau khususnya wilayah Inhil.

"Para lansia yang rentan terkena Covid 19 diantar jemput oleh para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran di lingkup Polres Inhil untuk di vaksin di Puskesmas masing-masing Kecamatan ," tuturnya.

Ia juga menyampaikan Bhabinkamtibmas siaga dan tanggap cepat ini akan terus digiatkan hingga mencapai target keseluruhan para lansia mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19.

Selain vaksinasi lansia yang telah dilaksanakan di tingkat Kecamatan, Dinas Kesehatan Kab. Inhil juga merencanakan pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di tingkat Kabupaten Inhil yang akan diselenggarakan di gedung Engku Kelana esuk hari pada hari Kamis (20/05/2021).

Dalam hal ini Kapolres Inhil menyampaikan sudah mempersiapkan seluruh kendaraan dinas Polres untuk melakukan antar jemput lansia menuju ke tempat pelaksanaan vaksin di gedung Engku Kelana dengan titik kumpul Polsek Tembilahan Hulu bagi warga lansia Tembilahan Hulu, ujung jembatan sungai luar bagi warga lansia Batang Tuaka, dan di depan Plaza Tembilahan bagi warga lansia seberang Tembilahan.

"Seluruh kendaraan dinas Polres Inhil bus, truk, roda 4 akan kami stand by kan di lokasi titik penjemputan mulai pukul 07.30 Wib, ini sebagai wujud dukungan Polres Inhil terhadap percepatan vaksinasi lansia di Kabupaten Inhil" tutup Kapolres melalui Paur Humas Ipda Esra SH.